digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
PUBLIC karya

Abstract
PUBLIC karya

Tesis
PUBLIC karya

Keseimbangan tingkat kesulitan pada game dan kemampuan pemain menjadi permasalahan dalam membangun serious game. Penelitian terdahulu menemukan bahwa dengan menggunakan Dynamic Difficulty Adjustment (DDA) dapat menjawab permasalahan tersebut. Namun, belum ada penelitian yang berfokus pada optimasi pembelajaran menggunakan DDA, khususnya pada elemen skill dan immersion. Penelitian ini akan menganalisis dampak penggunaan DDA pada serious game terhadap hasil belajar melalui elemen optimasi pembelajaran. Elemen yang diujikan pada penelitian ini adalah challenge, skill, engagement, dan immersion. DDA akan diimplementasikan pada teknologi Virtual Reality (VR) berbasis aplikasi mobile. Sebanyak 34 siswa kelas 1 Sekolah Dasar berpartisipasi dalam penelitian ini. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara melakukan survei serta melalui game log. Hasil dari evaluasi pembelajaran menunjukkan efektivitas hasil belajar menggunakan DDA berbasis serious game sebanyak 60 persen. Hasil lain menunjukkan bahwa elemen challenge memberikan dampak positif terhadap elemen engagement dan immersion. Namun, elemen skill tidak memberikan dampak langsung terhadap elemen engagement dan immersion.