digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


COVER Athira Fajrina
PUBLIC Open In Flip Book Irwan Sofiyan

BAB 1 Athira Fajrina
PUBLIC Open In Flip Book Irwan Sofiyan

BAB 2 Athira Fajrina
Terbatas Open In Flip Book Irwan Sofiyan
» ITB

BAB 3 Athira Fajrina
Terbatas Open In Flip Book Irwan Sofiyan
» ITB

BAB 4 Athira Fajrina
Terbatas Open In Flip Book Irwan Sofiyan
» ITB

BAB 5 Athira Fajrina
PUBLIC Open In Flip Book Irwan Sofiyan


Musik pada dasarnya merupakan rangkaian nada dan harmoni yang disusun sedemikian rupa sehingga nilai estetikanya bertambah. Berdasarkan hal tersebut, dapat diciptakan sebuah robot yang dapat memainkan instrumen musik berdasarkan masukan lagu yang diinginkan tanpa harus ada campur tangan manusia selain pemilihan lagu. Dengan menggunakan metode rekayasa yang didasari oleh beragam ilmu yang telah dipelajari di Teknik Fisika terutama Lab TF 2 dan Akustika, dibuat sebuah robot sederhana yang dapat memainkan instrumen musik. Robot ini dibuat sesederhana mungkin dengan memanfaatkan aktuator elektrik dengan masukan program dari komputer serta bunyi dari lagu yang dimainkan dapat sedekat mungkin meniru bunyi yang dihasilkan jika dimainkan oleh manusia. Mesin yang berhasil dibuat merupakan pemain gambang arumba otomatis dengan dengan aktuator servo MG996R. Mesin dapat memainkan lagu pada rentang nada satu oktaf dari C5 sampai C6 dengan tempo paling cepat sebesar 220 BPM. Mesin memiliki dua modus operasi, yaitu manual dan otomatis yang dikontrol oleh perangkat lunak KlungMaestro.