digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Suatu dump truck dapat mengalami kerusakan yang disebabkan oleh pengaruh waktu, penggunaan secara terus menerus dan kurangnya pemeliharaan. Selain itu, penggunaan dump truck pada kondisi jalan normal dan jalan ekstrim akan memberikan tingkat stress yang berbeda. Semakin meningkat laju kegagalan, maka banyaknya kerusakan pun akan meningkat. Ditinjau dari segi ekonomi, kerusakan akan menghambat kinerja bisnis sehingga akan menyebabkan penurunan penghasilan. Oleh karena itu, perlu dilakukan suatu pemeliharaan guna mengurangi laju kegagalan dari dump truck, salah satunya adalah dengan membeli servis kontrak. Pada penelitian ini, laju kegagalan dimodelkan menggunakan model Markov dan Accelerated Failure Time (AFT). Banyaknya kerusakan yang terjadi selama masa kontrak dihitung dengan menggunakan proses Poisson tak homogen (NHPP). Selain itu, produsen akan menawarkan dua opsi servis kontrak dan konsumen akan memilih opsi yang optimal. Pilihan optimal untuk produsen dan konsumen didasarkan pada memaksimalkan ekspektasi fungsi utilitas. Dari model yang dibentuk diperoleh ekpektasi profit opsi 1 lebih menguntungkan produsen, sedangkan ekspektasi profit opsi 2 lebih menguntungkan konsumen.