digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


2018_TA_PP_YAKOBUS_GEGANASETA_1-COVER1.pdf
Terbatas  Ratnasari
» Gedung UPT Perpustakaan

2018_TA_PP_YAKOBUS_GEGANASETA_1-BAB_11.pdf
Terbatas  Ratnasari
» Gedung UPT Perpustakaan

2018_TA_PP_YAKOBUS_GEGANASETA_1-BAB_21.pdf
Terbatas  Ratnasari
» Gedung UPT Perpustakaan

2018_TA_PP_YAKOBUS_GEGANASETA_1-BAB_31.pdf
Terbatas  Ratnasari
» Gedung UPT Perpustakaan

2018_TA_PP_YAKOBUS_GEGANASETA_1-BAB_41.pdf
Terbatas  Ratnasari
» Gedung UPT Perpustakaan

2018_TA_PP_YAKOBUS_GEGANASETA_1-BAB_51.pdf
Terbatas  Ratnasari
» Gedung UPT Perpustakaan

2018_TA_PP_YAKOBUS_GEGANASETA_1-PUSTAKA1.pdf
Terbatas  Ratnasari
» Gedung UPT Perpustakaan

Penulisan Tugas Akhir ini ditujukan untuk memaparkan gambaran umum tentang simulasi gerak benda tegar secara 2-D dengan bahasa pemrograman yang sederhana. Di dunia modern ini, kita tak dapat terlepas dari teknologi, baik teknologi yang sudah maju dan canggih maupun yang masih standar dan sederhana. Disini akan ditunjukkan bagaimana pemrograman yang cukup sederhana dapat digunakan untuk proses pembelajaran dalam menunjukkan dan menerapkan berbagai fenomena dan prinsip fisika dalam kehidupan sehari-hari. Secara umum pemodelan fisis yang akan diolah dalam program merupakan fenomena fisis mekanika klasik yang terdiri dari gerak jatuh bebas, gerak rotasi, momen inersia, impuls dan tumbukan. Untuk rumusan nilai koefisien restitusi yang digunakan pada program sudah mendekati fenomena nyatanya. Pada simulasi, akan ditinjau bagaimana pengaruh koefisien restitusi pada benda terhadap gerak pantulannya. Dengan variasi koefisien tiap partikel yang sama dan berbeda, dapat dilihat bahwa ada perbedaan ketinggian pantulan dan energi gerak bendanya. Kemudian untuk sistem dengan pusat massa yang dapat bergeser-geser dapat terlihat hubungan antara energi total maupun energi dari bola itu sendiri.