digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Putrila Silmi_17314034.pdf
PUBLIC Saipul Aripin

Perkembangan sains dan teknologi di Indonesia sudah sangat cepat dan tak dapat dihindari karena Indonesia merupakan negara berkembang. Hal itu menuntut kemampuan siswa di masa depan terutama pada usia dini karena masa ini merupakan masa yang sangat penting di mana anak akan menyerap dan menyimpan informasi sangatlah tinggi. Pembelajaran dengan metode STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) membantu kemampuan siswa dalam menghadapi tantangan abad 21. STEM mengintegrasikan 4 disiplin ilmu yang saling kait mengait dan tidak bisa di pisahkan antara satu dengan yang lainnya. Namun di Indonesia masih banyaknya orang yang belum memahami bagaimana konsep STEM dalam proses pembelajaran tersebut. Konsep STEM, merupakan pembelajaran di mana anak akan lebih banyak melaukan praktek langsung ke lapangan. Ruang kelasnyapun belum maksimal hanya sekedar di jadikan sebuah tempat dan kurang dimanfaatkan dengan baik. Peneliti akan membandingkan 2 sekolah berbasis Internasional maupun Nasional untuk menjadi bahan refrensi dan pembanding melalui hasil wawancara untuk membuat sebuah pedoman terkait ruang bisa ikut menunjang dalam proses pembelajaran berbasis metode STEM yang baik di Indonesia.