digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penggunaan kendaraan listrik dapat menjadi alternatif untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dan mengurangi karbon dioksida yang dilepaskan ke atmosfer. Namun begitu, masih terdapat masalah yang signifikan dalam pengembangannya. Salah satunya adalah teknologi penyimpanan energi listrik pada baterai. Dalam implementasi pada kendaraan listrik, baterai memerlukan chargerdischarger dengan riak arus dan tegangan sekecil mungkin. Pada penelitian tugas akhir ini diusulkan konverter DC-DC buck-boost tiga level dengan riak tegangan masukan minimum. Konverter ini didapat dengan menghubungkan secara kaskade konverter buck dan konverter boost tiga level. Hasil penelitian ini digunakan untuk menganalisis kinerja konverter yang diusulkan. Pertama-tama akan diturunkan persamaan penguatan tegangan dan rugi-rugi daya pada konverter. Lalu ,dengan menjaga duty cycle konverter sisi buck selalu sama dengan setengah, akan dibuktikan bahwa konverter yang diusulkan bisa menghasilkan riak tegangan masukan yang mendekati nol. Percobaan dilakukan untuk membuktikan kebenaran konsep konverter yang diusulkan.