digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2018 TA PP MUHAMMAD DERY YULIANDI 1.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

Saat ini pembuatan gambar tidak harus selalu dalam bentuk diam atau tidak bergerak. Karna sekarang gambar sudah bisa digerakan dalam bentuk animasi, dan animasi tersebut terbagi menjadi 4 macam. Yaitu ada Animasi Stop Motion, Animasi Tradisional (dalam bentuk 2D), Animasi 3D, dan Animasi Kombinasi. Serta di era sekarang ini, penemuan teknologi digital turut mempengaruhi perkembangan animasi secara luas. Kemampuan digital yang mampu menghadirkan visual secara nyata menjadi kekuatan animasi era sekarang ini. Banyak hal terutama dari aspek produksi yang berubah dari era sebelumnya setelah kemunculan teknologi digital. Penanda besar era ini adalah dirilisnya animasi 3D panjang pertama toy story oleh studio pixar pada tahun 1995. Setelah itu laju produksi animasi digital banyak mengalami peningkatan. Namun faktanya di Indonesia sendiri masih kurangnya wawasan sebagian masyarakat akan pengetahuan tentang Animasi itu sendiri mengingat tidak adanya wadah khusus dalam mengenalkan apa itu animasi 3D dan bagaimana proses pembuatan animasi 3D tersebut serta memamerkan karya Animasi dan CGI dalam negeri selain melalui TV dan internet. Yang memudahkan masyarakat untuk langsung melihat dan berinteraksi dengan creator agar lebih mengerti dan memahami tentang pembuatannya serta hal-hal lain yang bersangkutan dengan karya tersebut. Di Indonesia sendiri belum ada wadah yang bersifat tetap dalam memamerkan karya mereka, yang ada berupa acara tahunan seperti BIAF (Baros International Animation Festival) yang diselenggarakan oleh Baros ataupun event-event tertentu lainnya yang bersifat sementara.