digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pada abad 21, berbagai software dan apps pengolah kata bermunculan. Beberapa software pengolah kata seperti evernote, open office dan Microsoft word sekarang sudah dipakai dengan sangat luas di berbagai belahan dunia. Di tengah cepatnya perkembangan software dan apps pengolah kata ini, ternyata masih dapat ditemui adanya segmen pasar di masyarakat Indonesia yang masih menggunakan notebook kertas dalam aktivitasnya. Salah satu segmen pasar ini adalah mahasiswa. Segmen pasar mahasiswa terbukti masih memiliki kebutuhan yang besar akan notebook kertas di tengah era digital. Justnote adalah salah satu brand notebook kertas di Indonesia yang sudah memproduksi notebook kertas untuk pasar mahasiswa di Bandung sejak Januari 2018. Justnote kini tengah fokusuntuk meningkatkan penguasaan/eksploitasi pasarnya dengan melakukan penetrasi pasar mahasiswa di bandung. Agar dapat mengkesploitasi pasar mahasiswa dengan baik, Justnote dan pelaku bisnis notebook yang mentarget pasar mahasiswa perlu mengetahui dengan baik kebiasaan pembelian konsumen notebook kertas para mahasiswa pengguna notebook kertas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku pembelian notebook kertas oleh mahasiswa di Bandung, dengan fokus pada proses keputusan pembelian dan faktor faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan menggunakan metode convenience sampling. Sebanyak 106 data responden dikumpulkan dan dianalisis menggunakan Analisis Faktor dan Analisis Deskriptif. Dari penelitian ini, didapatkan 6 faktor laten atribut produk yang mempengaruhi mahasiswa bandung pembeli notebook kertas dalam memutuskan pembelian notebook kertas. Penelitian ini penting bagi pemilik bisnis notebook ataupun bisnis lain yang menarget pasar mahasiswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang tahap pengambilan keputusan pembelian dan factor factor yang mempengaruhi keputusan pembelian pada mahasiswa pembeli notebook kertas.