Sektor jasa di kota Bandung merupakan salah satu sektor yang prospektif dan menarik bagi para
investor. Salah satu bisnis jasa yang tumbuh di sekeliling kota adalah layanan binatu. Pengembangan
hunian vertikan secara besar-besaran di Bandung merupakan salah satu faktor yang menyebabkan
perusahaan jasa binatu bermunculan. Labucato Smart Laundry yang merupakan perusahaan strat up
yang masih dalam pertumbuhan awal bsinisnya. Dalam rangka memperkuat posisi bersaingnya di
industri jasa binatu, La Bucato Smart Laundry mengembangkan konsep produk baru dengan
pengembangan teknologi sebagai inovasi utama produk baru tersebut. Konsep tersebut masih
memerlukan penyempurnaan dalam aspek teknis dan aspek pasar. Penelitian ini secara khusus mengkaji
persepsi pelanggan terhadap konsep produk baru yang sedang dikembangkan oleh La Bucato Smart
Laundry, yang selanjutnya dapat menjadi bahan informasi tentang cocok dan tidaknya persepsi
pelanggan tersebut dengan nilai dari produknya. Rencana l Bucato untuk merilis produk baru di masa
datang memerlukan informasi tentang kesediaan pelanggan untuk mengadopsi produk baru tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Alat analisis
yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif. Pengumpulan data dengan cara angket yang
disebarkan kepada pelanggan La Bucato, yaitu mereka yang menggunakan jasa La Bucato setidaknya
dua kali dalam sebulan selama bulan September, Oktober, dan November 2017. Kuisioner berisi tentang
beberapa pertanyaan tentang status demografis dari respondent dan persepsi mereka terhadap konsep
produk baru yang sedang dikembangkan oeh La Bucato. Indikator dari atribut produk baru itu
melingkupi fitur, fungsi, dan manfaat dari product baru. Penelitian ini hanya membahas bisnis jasa
Laundry Smart La Bucato di apartemen Jarrdin yang terletak di jalan Cihampelas di kota Bandung.
Fokus pembahasannya adalah pada konsep produk baru yang akan dikembangkan oleh La Bucato Smart
Laundry dalam waktu dekat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pelanggan memiliki
persepsi positif terhadap konsep produk baru La Bucato Smart Laundry. Juga menunjukkan bahwa
mayoritas responden menginginkan peluncuran produk baru dalam 1-3 bulan kedepan. Berdasarkan
temuan tersebut, maka La Bucato Smart Laundry dapat menentukan desain bisnis yang tepat untuk
diimplementasikan dari beberapa alternatif desain bisnis. Berdasarkan disain yang telah dipilih,
selanjutnya La Bucato Smart Laundry dapat membuat rencana implementasi disainnya, baik rencana
implementasi jangka pendek maupun jangka panjang beserta kebutuhan sumber daya yang harus
ddisiapkan oleh perusahaan.