digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAKSI Indonesia, merupakan salah satu negara dengan potensi pertumbuhan perekonomian dan pasar modal terbesar di Asia Tenggara. Dengan tingkat pertumbuhan perekonomian dan pasar modal yang sangat pesat, menjadikan Indonesia sebagai negara dengan perekonomian terbesar kedua di Asia Tenggara. Salah satu aspek yang memiliki kontribusi yang besar dalam peningkatan pertumbuhan perekonomian dan pasar modal di Indonesia ialah tingkat berimvestasi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Jadi tingkat investasi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia menjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk diperhatikan oleh pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan efek dari kondisi emosi yang dialami oleh investor pemula di Indonesia terhadap keputusan mereka untuk berinvestasi di pasar modal. Lebih lagi, penelitian ini juga meneliti tentang prilaku atau kebiasan investor pemula ketika mereka berada pada kondisi emosi tertentu. Kebiasan dan prilaku yang diteliti pada penelitian ini yaitu kebiasan mereka tentang memilih saham yang menjadi tujuan investasi mereka. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Dan sebagai dasar penelitian, penelitian ini bergantung pada data primer yang didapatkan dari 215 investor pemula di Indonesia. Respondent yang terlibat dalam penelitian ini merupakan orang-orang yang dipilih dengan menggunakan metode Convinient Sampling. Data yang didapatkan akan diolah menggunakan Logistic Regresi dalam SPSS, sehingga tujuan penelitian ini dapat tercapai dengan baik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang erat antara kondisi emosi seorang investor pemula terhadap keputusan mereka untuk berinvestasi. Pengaruh yang ereat ditunjukan ketika mereka sedang mengalami kondisi Enthusiastic Emosi. Dan memiliki kecenderungan menghasilka efek negative pada keputusan berinvestasi mereka. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa terdapat hubungan yang erat antara kondisi emosi investor pemula terhadap pemilihan saham yang akan diinvestasikan. Hasil dari penelitian ini merupakan ilmu baru untuk perkembangan pasar modal. Kata Kunci: Prilaku Keuangan, Kondisi Emosi, Keputusan Berinvestasi, Pemilihan Saham.