digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tugas akhir ini membahas modifikasi model pesawat dalam XPlane10 untuk mencapai keakuratan kinerja bahan bakar pesawat terbang, karakteristik gaya angkat terhadap gaya hambat, dan juga karakteristik pitching moment pesawat dalam simulator XPlane10. Garis besar dari metode yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah dengan menentukan beberapa parameter tetap dan menentukan beberapa variabel yang akan dimodifikasi. Model pesawat yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah pesawat lorong tunggal bermesin ganda Airbus A320-216. Parameter tetap untuk model pesawat ini adalah geometri komponen utama pesawat untuk memastikan nilai referensi geometri yang tepat, dan juga parameter berat dan kestabilan pesawat seperti MTOW, berat kosong, berat bahan bakar, kisaran titik CG, lokasi dan volume tangki bahan bakar. Variabel yang dimodifikasi adalah karakteristik gaya hambat airfoil dan juga SFC dari mesin. Nilai-nilai ini dimodifikasi berdasarkan nilai hasil simulasi terakhir dibandingkan dengan nilai referensi. Analisis akhir menunjukkan bahwa hasil akhir model pesawat terbang dalam tugas ini hanya dapat digunakan dengan akurat dalam satu kisaran kondisi terbang. Kondisi terbang tersebut adalah diantara FL290 sampai dengan FL350, dengan nilai CL di sekitar 0.3, dan durasi terbang jelajah lebih dari satu jam. Untuk memperbaiki lingkup kondisi akurat dari model pesawat, dibutuhkan lebih banyak data referensi yang dapat dihandalkan, dan lebih banyak parameter yang dimodifikasi untuk memperbaiki kemampuan pengaturan hasi simulasi. Kata kunci: XPlane10, Airbus A320-216, perstasi bahan bakar, karakteristik gaya angkat terhadap gaya hambat, pitching moment, karakteristik gaya hambat airfoil, SFC, berat dan kestabilan