ABSTRAK
Dampak nyata perubahan iklim dunia telah menjadi isu lingkungan yang tengah disorot saat ini. Kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan pun mulai didengungkan sejak beberapa tahun silam. Arsitektur sebagai salah satu penyumbang emisi besar dalam karya bangunan sebenarnya dapat berkontribusi positif melalui konsep desain berkelanjutan. Disco|ver adalah salah satu konsultan arsitektur yang memposisikan diri sebagai expert yang menawarkan sustainable design.
Akar permasalahan dari penelitian ini adalah meningkatnya kebutuhan dalam sustainable design di arsitektur. Hal ini disebabkan oleh masuknya sustainable design dalam gaya hidup dan cara berpikir di masyarakat Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah dengan menemukan strategi agar dapat bersaing dalam bisnis industry asritektur sesuai dengan penawaran Disco|ver. Disco|ver memilih sustainable design sebagai konsep, hal ini didukung oleh berkembangnya sustainable design sebagai gaya hidup hampir di seluruh dunia. Walaupun sustainable design baru mulai berkembang di Indonesia, Disco|ver dapat menjadikan konsep ini sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.
Eksplorasi bisnis akan dijelaskan dalam perspektif Disco|ver, tinjauan pustaka dalam pemanasan global, penelitian pasar di Indonesia, dan standar sustainable design di beberapa negara termasuk Indonesia. Sebagai tambahan, terdapat analisis referensi dari dua firma arsitektur yang serupa. Melalui penelitian ini, Disco|ver memiliki empat strategi inti yang dikembangkan dalam sepuluh langkah taktis. Langkah taktis ini direalisasikan dalam lima belas rencana aksi. Keempat strategi inti merupakan integrasi dari strategi pemasaran, strategi produksi, strategi sumber daya manusia, dan strategi keuangan.Strategi inti yang pertama adalah menangkap peluang kebutuhan di desain berkelanjutan sementara yang kedua adalah dengan meningkatkan pertumbuhan bisnis. Ketiga adalah memperkenalkan inovasi baru dengan konsep baru dan memasuki produk dan servis yang telah ada. Strategi inti yang terakhir adalah mengatur keuangan perusahaan.
Keseluruhan rencana aksi ini dibagi menjadi tiga level. Rencana tercepat harus diterapkan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran untuk membentuk perspektif dan ketertarikan klien akan eksistensi Disco|ver dengan desain berkelanjutan sebagai konsepnya. Rencana tercepat yaitu dengan berpartisipasi dalam seminar dan kompetisi arsitektur yang diselenggarakan di Indonesia dan seluruh dunia. Selain itu, memaksimalkan online media yang dimiliki Disco|ver serta mendorong tim desain untuk terus mempelajari sustainable design. Dalam rencana jangka pendek, Disco|ver dapat meningkatkan kualitas produk dan servis untuk memberikan hasil maksimal kepada klien dengan dua cara. Kedua cara ini adalah memfokuskan proyek dalam karya inovasi dan memfokuskan proyek untuk memenuhi kebutuhan pengeluaran. Selain itu, dengan melakukan kerjasama dengan pihak lain seperti insinyur struktur, desain interior, dan sebagainya. Terakhir, rencana jangka panjang dari Disco|ver mempunyai tujuan untuk mendapatkan kepercayaan dan kesetiaan klien untuk mempertahankan pendapatan.
Kata kunci: Arsitektur, Sustainable Design, Perubahan Iklim Dunia