Semakin ketatnya persaingan di industri telekomunikasi mendorong PT. Telkom untuk mengembangkan bisnis ke bidang informasi, media, dan edutainment. Untuk itu, PT. Telkom meluncurkan layanan USeeTV. UseeTV adalah sebuah layanan over-the-top berbasis website dimana pelanggan dapat menonton TV dan video, serta mendengarkan radio dimana saja dan kapan saja. UseeTV menyasar anak muda dan netizen sebagai target marketnya.
Di lain hal, meningkatnya trend gaya hidup anak muda dan netizen dalam mengakses social media, terutama Twitter merupakan sebuah peluang bagi UseeTV untuk menciptakan awareness di masyarakat. Pada penelitian ini dibahas bagaimana cara sebuah kampanye Twitter dapat meningkatkan jumlah pengunjung dari website UseeTV. Kampanye Twitter dilakukan dengan cara membuat pesan-pesan menonjol dan me-Retweet Tweet dari account lainnya. Kampanye Twitter dilakukan menggunakan sebuah tim yang terdiri dari 19 akun Twitter yang memiliki total 8.331 Followers. Periode pengamatan dilakukan selama 1 bulan sejak tanggal 1 Agustus 2012 hingga 1 September 2012.
Dalam tahap perencanaan strategi social media marketing, digunakan social media strategi model yang dikembangkan oleh Kloos sebagai pedoman dalam merencakan strategi dari social media marketing UseeTV. Tahapan ini akan menghasilkan sebuah skenario kampanye Twitter. Setelah itu, program kampanye Twitter dilaksanakan selama 1 bulan. Kampanye Twitter yang telah dilakukan diukur untuk melihat bagaimana pengaruhnya dalam meningkatkan jumlah pengunjung ke website UseeTV. Dalam melakukan pengukuran, digunakan beberapa tools pengukuran untuk social media, seperti Tweet Level, Kred, Klout, dan Google Analytic.
Dari hasil penelitian ditemukan sebuah formulasi dalam menjalankan kampanye Twitter dimana dengan menggunakan 24 buzzer akan menciptakan 882 pengunjung website. Selain itu, didapatkan juga bahwa kolaborasi kampanye Twitter dan offline marketing dapat meningkatkan hasil kampanye Twitter yang dilakukan. Lebih jauh, di akhir penelitian diberikan saran mengenai bagaimana cara dalam menjalankan kampanye Twiter yang efektif.