digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan teknologi informasi melalui internet memberi kemudahan bagi guru untuk memperoleh berbagai jenis media pembelajaran termasuk media pembelajaran visual sehingga dapat membantu guru dalam mengatasi keterbatasan sarana maupun keterbatasan kemampuan guru dalam menyediakan media pembelajaran. Pada penelitian ini, eksplorasi difokuskan terhadap media pembelajaran visual optika geometri yang diperoleh dari berbagai sumber situs web dengan menitikberatkan penelitian pada kesesuaian media terhadap materi pembelajaran agar guru dapat memilih media yang tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sangat dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran karena siswa mampu memahami konsep fisika dengan baik melalui penggunaan media visual optika geometri bahkan 86,6% siswa menginginkan penggunaan jenis media yang sama bukan hanya untuk materi pembelajaran optik geometri. Oleh karena itu, memilih media pembelajaran visual perlu memperhatikan ketepatan informasi yang disampaikan melalui media visual, karena berdasarkan hasil temuan bahwa hampir 25% media visual dalam bentuk simulasi dengan penjelasan konsep yang mengandung miskonsepsi.