digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Sektor kesehatan memang senantiasa memberikan peluang yang bagus dari waktu ke waktu. Prospek bisnis alat kesehatan dan laboratorium selalu cerah, tak perlu khawatir terhadap situasi makroekonomi.Menurut data Departemen Kesehatan setiap tahunnya terjadi peningkatan anggaran belanja alat kesehatan dibarengi dengan peningkatan infrastruktur kesehatan, seperti rumah sakit, klinik, praktek dokter, bidan baik swasta maupun pemerintahan. Kondisi tersebut menggambarkan industri alat kesehatan memiliki progres peningkatan dan peluang yang cukup bagus. Miranti Adilha adalah sebuah perusahaan keluarga yang didirikan dan dikelola oleh anggota keluarga, yang sejak awal mengkhususkan diri dibidang pengadaan alat kesehatan dan laboratorium. Selama ini Miranti Adilha menjalankan bisnisnya melalui proyekproyek pengadaan barang dan jasa khususnya alat kesehatan dan laboratorium dari pemerintah. Selain sebagai distributor alat kesehatan, Miranti Adilha juga menyediakan layanan perawatan dan perbaikan alat kesehatan dengan mayoritas konsumennya adalah pemerintah. Peningkatan anggaran dibidang alat kesehatan tidak diikuti oleh peningkatan pengawasan dan transparansi pelaksanaan tender, sehingga perusahaan tetap kesulitan memprediksikan pendapatan. Miranti Adilha ditantang untuk menghadapi ketidakpastian ini dengan mengembangkan strategi strategi baru agar tetap tumbuh dan berkembang. Dengan melakukan analisis peluang dan ancaman yang ada dan menyandingkan dengan analisis kekuatan dan kelemahan perusahaan, Miranti Adilha menyusun formulasi strategi baru agar dapat tumbuh dan berkembang. Dengan menggunakan metode pendekatan manajemen strategik Miranti Adilha memformulasikan strategi korporasidirectional strategyyang dikonsentrasikankepada growth strategy.Lebih fokusnya, menerapkan concentration growth integrasi vertikal menggunakan forward integration dengan memperluas akses bisnis ke hilir, dengan strategi bisnisdifferensiasidan strategi fungsional ke arah strategi ritel. Rencana implementasi usulan strategi dipecah menjadi rencana impelementasi jangka pendek dan jangka panjang. Strategi jangka pendek menekankan tahapan aktivitas menuju peluncuran unit bisnis baru, kemudian strategi jangka panjang menekankan kepada aspek pertumbuhan dan pengembangan usaha lebih lanjut.