digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tugas sarjana ini merupakan bagian dari riset perancangan ulang (reverse engineering) motor diesel lister satu silinder 600 cc. Riset ini merupakan kolaborasi tiga kelompok keahlian (KK) di FTMD, yaitu Konversi Energi (KE), Teknik Produksi Mesin (TPM), dan Perancangan Mesin (PM). Fokus tugas sarjana ini, yang merupakan salah satu kontribusi KK PM, adalah pada pemodelan serta analisis struktur baik secara statik dan dinamik. Sebagai studi kasus, dipilih komponen batang penghubung dan torak. Kegiatan perancangan ulang dimulai dengan pembongkaran obyek uji berupa motor diesel lister buatan India. Komponen motor diesel kemudian diukur baik melalui pemindaian laser, pengukuran dengan coordinate measuring machine (CMM), maupun secara manual. Hasil pengukuran diolah lebih lanjut menjadi model computer aided drafting (CAD). Model atau data CAD menjadi awalan analisis statik dan dinamik. Analisis statik dilakukan dengan Metode Elemen Hingga (MEH) saat komponen menerima beban terbesar. Beban diolah dari data momen maksimum keluaran motor diesel sesuai spesifikasi dan simulasi guna menentukan posisi komponen saat momen maksimum terjadi. Tegangan maksimum hasil MEH dibandingan dengan kekuatan luluh. Analisis dinamik dilakukan pada daerah kritis dengan memperhitungkan tegangan maksimum dan minimum. Diagram modified-Goodman digunakan untuk menentukan tingkat keamanan terhadap kegagalan lelah. Hasil analisis struktur menunjukkan bahwa batang penghubung dan torak mampu menahan tegangan statik saat beban maksimum terjadi serta sangat aman dari kegagalan lelah. Hal ini menandakan bahwa motor diesel dirancang secara sangat konservatif. Bertolak dari realita di atas, ada potensi untuk mengubah (memperkecil) ukuran dan memodifikasi motor diesel.