Mobil balap Student Formula SAE® merupakan mobil balap yang
dirancang, dibuat, diuji, dan dikompetisikan oleh mahasiswa sesuai dengan 2010 Formula SAE® Rules. Engine yang digunakan maksimum berkapasitas 610 cc. Proses perancangan suspensi mobil balap Formula SAE® dimulai dengan mengumpulkan dan mempelajari literatur, yang kemudian membuat sketsa dasar pada kertas milimeter block. Tahap selanjutnya menerjemahkan sketsa dasar pada piranti lunak Autodesk Inventor Professional 2010. Penentuan dimensi dan
geometri dirujuk dari data peserta Formula SAE®, untuk dimensi batang yang digunakan juga dirujuk pada komponen yang umum di pasaran. Dalam perancangan ada perubahan dalam dimensi maupun geometri.
Tipe independent suspension dipilih dalam perancangan ini, dengan menggunakan pulling rod dan bell crank yang meneruskan gaya dari roda ke pegas. Pada perancangan ini kekakuan pegas didapat, dari defleksi statis yang
ditentukan untuk depan 34 mm dan belakang 26 mm, sebesar 25,39 N/mm untuk bagian depan dan 180,11 N/mm untuk bagian belakang. Posisi pegas berada di bagian luar mobil sesumbu dengan panjang rangka pada bagian depan dan sesumbu dengan tinggi rangka pada bagian belakang. Roll center mobil balap
ditentukan 110 mm di bawah permukaan tanah. Material utama yang digunakan untuk membuat komponen suspensi mobil balap Formula SAE® adalah baja karbon. Dengan memilih pipa sebagai profil batang penyusun suspensi, memiliki diameter luar sebesar 20 mm dan diameter dalam 16 mm.