digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT.Auto Bridal® Indonesia adalah perusahaan cuci dan salon mobil yang berbasis franchise. PT.Auto Bridal® Indonesia memiliki lebih dari 70 shop rekanan yang telah membeli dan menggunakan sistem serta merk dari Auto Bridal®, bahkan telah memasuki pasar international yaitu Negara Malaysia. Unit bisnis yang disediakan oleh PT.Auto Bridal® Indonesia yaitu The Auto Bridal® SHOP, The Auto Bridal® X-Press, The Auto Bridal® Fast Tunnel, The Motor Bridal®, The Auto Bridal® Priority. Konsep yang ditawarkan untuk dua jenis unit bisnis sejenis yaitu The Auto Bridal® Shop dengan konsep traditional marketing dan The Auto Bridal® Priority berbeda menggunakan konsep experiential marketing. Indikasi penurunan jumlah kerjasama franchise telah terjadi dimana dari tahun 2007 ke 2009 terjadi penurunan kerjasama lebih dari 10 unit per tahun sehingga perusahaan saat ini memfokuskan diri pada penggunaan startegi baru yang berfokus pada hasil payback period yang lebih menjanjikan bagi para calon franchisee yang akan bergabung. Sistem simulasi bisnis yang ditawarkan harus mencermin realita sebenarnya dari peluang bisnis ini dan memberikan suatu harapan yang dapat dijadikan pedoman franchisee selaku investor. Tantangan yang dihadapi oleh manajemen PT.Auto Bridal® Indonesia adalah menghasilkan dan memberikan sistem perbaikan yang lebih baik bagi Auto Bridal® Shop Konsep awal yang telah digunakan oleh unit bisnis baru yaitu Auto Bridal® Priority memiliki banyak kelebihan yang menghasilkan omzet maksimal dan tingkat kesetiaan konsumen yang tinggi. Adaptasi dari konsep Auto Bridal® Priority dengan strategi experiential marketing dapat digunakan untuk perbaikan sistem Auto Bridal® Shop yang baru dan telah berjalan. Tahapan awal yang dilakukan adalah membedah Segmenting. Targetting dan Positioning (STP) dari masing-masing shop secara terperinci dengan panduan STP dari PT.Auto Bridal® Indonesia. Kemudian perincian strategi experiential marketing berdasarkan SEMs (Strategic Experience Modules) yang terdiri Sense, Feel, Think, Act dan Relate yang diterapkan dalam realita bisnis dengan bentuk ExPros (Experience Providers) yang terdiri dari Komunikasi, Identitas, Produk, Co-Branding, Environment, Website dan People. Dari masing-masing ExPros dapat dihasilkan beberapa SEMs tergantung dari strategi penetapan targetnya. Seni Pertunjukan dan kenyamanan konsumen merupakan ciri khas dasar dari bisnis Auto Bridal® sehingga keterlibatan masing-masing ExPros untuk menghasilkan SEMs akan efektif dengan berlandaskan pada kedua ciri khas tersebut. Konsep baru yang ditawarkan adalah New “Auto Bridal®” shop dengan konsep experiential marketing yaitu mengutamakan kenyamanan konsumen sehingga konsumen merasakan keistimewaan sensasi pelayanan dari strategi ini. Implementasi dari strategi New “Auto Bridal®” Shop terbagi menjadi 2 bagian yaitu untuk franchisee yang dalam proses pembangunan dan pembukaan shop serta franchisee yang telah menjalankan usahanya setelah beberapa lama berjalan.