digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Arsitektur informasi perusahaan adalah bentuk deskripsi formal sistem informasi yang mendukung organisasi perusahaan. Service oriented architecture (SOA) adalah suatu architectural style untuk mengintegrasikan berbagai jenis sistem, dengan cara mengangkat logika dan operasi bisnis di dalam sistem informasi existing sebagai service, dengan salah satu cara implementasinya adalah menggunakan teknologi web services.Pada tesis ini, arsitektur informasi disusun dengan pendekatan paradigma SOA untuk organisasi service point (titik layanan), yang merupakan organisasi baru pelayanan pelanggan milik PLN. Tujuannya adalah meletakkan dasar atau cetak biru pengembangan sistem informasi di organisasi tersebut.Perancangan arsitektur informasi tersebut menggunakan kerangka kerja Zachman, dengan bantuan tools berupa System Architect. Dalam perancangan dihasilkan artifak-artifak arsitektur yang bersifat service orientation, dengan melibatkan berbagai service dari internal maupun eksternal perusahaan.Karakteristik SOA pada pembuatan arsitektur informasi membawa pengaruh positif pada artifak di semua tingkatan arsitektur. Integrasi yang terjadi tidak lagi hard coded style, namun telah berkarakter yang autonom, mendukung reusability, composability, abstraction, distributed computing dan message based dengan XML sehingga bersifat open platform. SOA mendukung rancangan sistem yang mampu menghadapi perubahan proses bisnis dan teknologi di masa depan.