digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2008 TS PP QUEEN RHOUEN QUINNELLA DJUANSJAH 1-COVER.pdf


2008 TS PP QUEEN RHOUEN QUINNELLA DJUANSJAH 1-BAB 1.pdf

2008 TS PP QUEEN RHOUEN QUINNELLA DJUANSJAH 1-BAB 2.pdf

2008 TS PP QUEEN RHOUEN QUINNELLA DJUANSJAH 1-BAB 3.pdf

2008 TS PP QUEEN RHOUEN QUINNELLA DJUANSJAH 1-BAB 4.pdf

2008 TS PP QUEEN RHOUEN QUINNELLA DJUANSJAH 1-PUSTAKA.pdf

Industri musik, yang melibatkan perputaran uang yang besar, telah berkembang dengan begitu pesat. Hal ini terjadi pula di Indonesia. Di dalam industri musik ada beberapa badan yang terlibat, yaitu perusahaan rekaman, label dan publisher. Yang memegang peranan penting di dalam industri musik adalah Label yang digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu major label, mini-major label dan independen label. Industri independen lokal belakangan ini telah menjadi industri kecil yang telah layak diperhitungkan di pasar luas, karena memiliki pasar tersendiri yang solid dan loyal, begitu pula halnya dengan industri musik lokal independen atau musik indie. Tugas Akhir ini terfokus pada pemecahan permasalahan Roomates sebagai perusahaan indie record label baru yang akan terjun ke pasar musik lokal-nasional. Pemecahannya adalah dengan merencana strategi marketing dalam bentuk pemilihan dan pelemparan produk musik baru ke pasar musik lokal-nasional. Hal ini ditujukan untuk membentuk perusahaan sebagai perusahaan yang patut diperhitungkan oleh para pesaingnya, serta memposisikan perusahaan sebagai label alternatif bagi para calon konsumennya. Penelitian yang dilakukan menghasilkan gambaran permintaan yang ada dan gambaran kondisi pasar musik sekarang ini yang dapat menjadi dasar penentuan kriteria produk yang akan diproduksi sebagai produk perdana perusahaan. Implementasi penentuan produk perdana dimulai dari penentuan kriteria untuk memilih calon produk yang tepat, sampai kepada rencana implementasi produksi, distribusi dan promosi produk yang berbasis pada perumusan target aktivitas yang akan menghasilkan kesuksesan perdana bagi perusahaan.