digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perilaku pembelian impulsif online semakin berkembang seiring dengan kemajuan operasional e-commerce. Meskipun banyak penelitian telah menyelidiki beberapa variabel yang memengaruhi perilaku pembelian impulsif online, keterlibatan rangsangan promosi untuk diversifikasi produk yang luas dalam waktu singkat didukung dengan hedonic motivation sebagai variable moderator, seperti yang diterapkan dalam kampanye pemasaran e-commerce di Indonesia, dalam memengaruhi perilaku pembelian impulsif masih belum tereksplorasi. Penelitian ini, dengan menggunakan metode statistik PLS-SEM dan teknik judgemental sampling, ditujukan untuk menganalisa pengaruh rangsangan pemasaran tersebut dalam memengaruhi perilaku pembelian impulsif. Metode kuantitatif diterapkan dalam penelitian ini dengan menggunakan kuesioner online yang ditargetkan pada pembelanja online di seluruh Indonesia. Berdasarkan analisis yang dilakukan, ditemukan bahwa time scarcity promotion berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian impulsif online, dengan atau tanpa peran hedonic motivation yang tinggi sebagai moderator. Di sisi lain, pengaruh positif price promotion attribute terhadap perilaku pembelian impulsif online diterima selama tidak melibatkan hedonic motivation sebagai moderator. Penelitian ini ditujukan untuk memperdalam pemahaman tentang rangsangan pemasaran di industri penelitian dan ditujukan sebagai rekomendasi praktis kepada pedagang online tentang cara mempromosikan produk secara lebih efektif untuk meningkatkan penjualan secara keseluruhan melalui perilaku pembelian impulsif.