digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan TEALSim terhadap hasil belajar dan aktivitas mahasiswa serta menganalisis pandangan mahasiswa terhadap penggunaan bahan ajar berbasis TEALSim. Penelitian ini termasuk penelitian Kuasi-Eksperimen dengan desain uji coba yaitu nonequivalent control group design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok kelas yaitu kelas eksperimen yang diajar menggunakan bahan ajar berbasis TEALSim dan kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional (tradisional). Teknik analisis data yaitu analisis statistik deskriptif untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa; analisis deskriptif kuantitatif untuk mengetahui respon mahasiswa; serta analisis inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan analisis diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar mahasiswa yang diajar melalui penerapan bahan ajar berbasis TEALSim dengan yang diajar melalui pembelajaran konvensional.