ABSTRAK Annisa Nabila
PUBLIC Taupik Abidin FINAL PROJECT _ANNISA NABILA 1 - FULL TEXT.pdf
]
PUBLIC Taupik Abidin
Latar Belakang: Beberapa tahun terakhir konsumsi kolaboratif telah menjadi
gaya baru dalam dunia bisnis (Botsman & Rogers, 2010). Masalah kepercayaan
telah menjadi masalah ketika orang-orang membiarkan siapa saja memiliki akses
barang miliknya kepada orang asing, menurut Bostman (2012) konsumsi
kolaboratif perlu menyelesaikan masalah tersebut menggunakan ulasan pada
platform untuk menjaga kepercayaan pengguna. Salah satu kunci utama bagi
pertimbangan pelanggan untuk membuat keputusan pemelian adalah informasi
dari ulasan online.
Tujuan: Riset ini diharapkan dapat menganalisa pengaruh kepercayaan dan
kegunaan ulasan online terhadap keterlibatan keputusan pembelian dalam ranah
konsumsi kolaboratif.
Metoda: Sebagai konsumsi kolaboratif, Airbnb dipilih sebagai subjek dari riset
ini. Data dari riset ini akan diperoleh dengan menyebaran kuisioner online
terhadap Airbnb user di pulau jawa. Kuisioner akan melibatka 400 responden dan
data yang telah diperoleh akan dianalisis menggunakan Partial Least Square –
Structured Equation Modelling dan uji sobel dibuthkan untuk menguji
pengaruh penengah dari kegunaan ulasan online.
Penemuan: Riset ini merefleksikan bahwa kepercayaan memiliki perngaruh
positif terhadap keputusan pembelian dan kegunaan ulasan online memiliki peran
penengah yang penting terkait dalam konteks riset ini.
Originality/value: Riset ini dapat memfasilitasi platform konsumsi kolaboratif
dengan memahami seberapa pentingnya ulasan online yang tertera pada platform
bagi keterlibatan keputusan pembelian.