digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Latar Belakang: Beberapa tahun terakhir konsumsi kolaboratif telah menjadi gaya baru dalam dunia bisnis (Botsman & Rogers, 2010). Masalah kepercayaan telah menjadi masalah ketika orang-orang membiarkan siapa saja memiliki akses barang miliknya kepada orang asing, menurut Bostman (2012) konsumsi kolaboratif perlu menyelesaikan masalah tersebut menggunakan ulasan pada platform untuk menjaga kepercayaan pengguna. Salah satu kunci utama bagi pertimbangan pelanggan untuk membuat keputusan pemelian adalah informasi dari ulasan online. Tujuan: Riset ini diharapkan dapat menganalisa pengaruh kepercayaan dan kegunaan ulasan online terhadap keterlibatan keputusan pembelian dalam ranah konsumsi kolaboratif. Metoda: Sebagai konsumsi kolaboratif, Airbnb dipilih sebagai subjek dari riset ini. Data dari riset ini akan diperoleh dengan menyebaran kuisioner online terhadap Airbnb user di pulau jawa. Kuisioner akan melibatka 400 responden dan data yang telah diperoleh akan dianalisis menggunakan Partial Least Square – Structured Equation Modelling dan uji sobel dibuthkan untuk menguji pengaruh penengah dari kegunaan ulasan online. Penemuan: Riset ini merefleksikan bahwa kepercayaan memiliki perngaruh positif terhadap keputusan pembelian dan kegunaan ulasan online memiliki peran penengah yang penting terkait dalam konteks riset ini. Originality/value: Riset ini dapat memfasilitasi platform konsumsi kolaboratif dengan memahami seberapa pentingnya ulasan online yang tertera pada platform bagi keterlibatan keputusan pembelian.