1987 TS PP TJAHJO WIDIANTO 1-BAB1.pdf
1987 TS PP TJAHJO WIDIANTO 1-BAB2.pdf
1987 TS PP TJAHJO WIDIANTO 1-BAB3a.pdf
1987 TS PP TJAHJO WIDIANTO 1-BAB3b.pdf
1987 TS PP TJAHJO WIDIANTO 1-BAB4.pdf
1987 TS PP TJAHJO WIDIANTO 1-COVER.pdf
1987 TS PP TJAHJO WIDIANTO 1-PUSTAKAa.pdf
1987 TS PP TJAHJO WIDIANTO 1-PUSTAKAb.pdf
1987 TS PP TJAHJO WIDIANTO 1-PUSTAKAc.pdf
1987 TS PP TJAHJO WIDIANTO 1-PUSTAKAd.pdf
1987 TS PP TJAHJO WIDIANTO 1-PUSTAKAe.pdf
ABSTRAK:
Hampir setiap industri perakitan pesawat terbang akan selalu memerlukan informasi ukuran geometri dari seluruh atau sebagian permukaan badan pesawat terbang dalam kondisi terpasang (As Built Drawing) yang ada hubungannya dengan racang bangunnya maupun proses perakitannya. Dalam pemakaian suatu metoda untuk mendapatkan informasi dan ukuran di atas maka tahap-tahap pengambilan, pemrosesan data dan penyajiannya diusahakan agar optimum untuk keperluan multi-guna. Proses pembentukan gambar dengan metoda fotogrametri jarak dekat ini didasarkan atas formula-formula matematis yang pasti dan memungkinkan menghitung kesalahan-kesalahan sistematis yang timbul dalam setiap proses, dengan mereduksikannya dalam pelaksanaan hitungan pada proses berikutnya. Studi yang telah dilakukan dalam penelitian ini adalah tentang kemungkinan penggunaan metoda fotogrametri jarak dekat (Close Range Photogrammetry) untuk penggambaran kembali bentuk geometri permukaan badan pesawat dalam kondisi terpasang. Bagaimana data dan informasi tersebut didapatkan, proses pengolahannya serta kemungkinan-kemungkinan cara presentasi yang sesuai dengan kebutuhan tertentu, faktor-faktor tersebut di atas akan dibahas dalam tesis ini. Hasil akhir yang diperoleh dalam penelitian adalah informasi detail teknik, berupa gambar-gambar profil permukaan badan pesawat terbang dan gambar garis-garis isometris.