1995 TS PP SUBARKAH 1-cover.pdf
1995 TS PP SUBARKAH 1-bab1.pdf
1995 TS PP SUBARKAH 1-bab2.pdf
1995 TS PP SUBARKAH 1-bab3.pdf
1995 TS PP SUBARKAH 1-bab4.pdf
1995 TS PP SUBARKAH 1-bab5.pdf
1995 TS PP SUBARKAH 1-pustaka.pdf
Abstrak :
Road OYL adalah suatu modifikasi resin emulsi yang dibuat dari unsur bahan basil hutan dan diproduksi oleh Soil Stabilization Products Co., Inc., California, USA.
Tujuan penelitian yang disajikan dalam thesis ini adalah membandingkan sifat-sifat material pondasi jalan bergradasi-timpang yang distabilkan dengan Road OYL dengan material yang distabilkan dengan bahan aspal. Gradasi yang digunakan adalah batas atas dan bawah spesifikasi pondasi jalan menurut BS 594 (1985); aspal pen 60 dan 80 dipilih sebagai pembanding terhadap Road OYL. Persiapan dan pengujian sampel yang dibuat dari Road OYL mengikuti prosedur yang diusulkan dalam ASTM D4 Working Document (1993); untuk campuran aspal diterapkan prosedur konfensional.
Stabilitas campuran yang dibuat dengan Road OY1 menunjukkan hasil yang lebih rendah dari pada campuran yang dibuat dengan bahan aspal pen 60 dan pen 80 baik pada gradasi batas atas maupun gradasi batas bawah. Stabilitas campuran yang dibuat dengan Road OYL adalah 570 kg dan 555 kg, berturut-turut pada gradasi batas atas dan bawah; stabilitas campuran yang dibuat dengan agregat bergradasi batas atas dan bawah, berturut-turut dengan menggunakan aspal pen 60 dan 80 adalah 1620 kg dan 1060 kg, dan 1580 kg dan 970 kg.
Campuran yang dibuat dengan Road OYL mengalami pemisahan setelah beberapa saat direndam dalam air, hal ini dimungkinkan oleh tersedianya kandungan pori yang relatif tinggi pada campuran. Pada bahan ikat konfensional, campuran yang dibuat dengan aspal pen 60 lebih sensitif terhadap perusakan oleh air dari pada campuran yang dibuat dengan aspal pen 80 baik pada gradasi batas atas maupun pada gradasi batas bawah; pada campuran yang dibuat dengan aspal dan agregat bergradasi bawah menunjukkan hasil yang kurang sensitif terhadap perusakan oleh air.
Tegangan tarik taklangsung dipengaruhi oleh temperatur. Campuran yang dibuat dengan road OYL kurang sensitif terhadap perubahan temperatur dibandingkan dengan campuran yang dibuat dengan aspal. Tegangan tarik taklangsung pada campuran yang dibuat dengan Road OYL, pada agregat bergradasi batas atas dan batas bawah, lebih besar pada temperatur tinggi dari pada campuran yang dibuat dengan aspal , tetapi lebih kecil pada temparatur rendah; campuran yang dibuat pada agregat bergradasi batas atas mempunyai tegangan tarik yang lebih besar dari pada campuran dengan agregat bergradasi batas bawah.