digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penentuan karakteristik prestasi terbang suatu pesawat udara pada umumnya dilakukan dengan menggunakan data uji terbang dengan teknik manuver stasioner. Manuver stasioner ini cukup sulit dilaksanakan dan memerlukan waktu yang cukup lama, sehingga berakibat biaya operasional uji terbang akan mahal. Untuk mengatasi hal tersebut, tesis ini menawarkan analisis data uji terbang dari teknik uji terbang manuver tak stasioner untuk mendapatkan parameter aerodinamika yang selanjutnya dipakai untuk menentukan karakteristik aerodinamika, prestasi dan dinamika terbang. Dibanding dengan manuver stasioner, manuver tak stasioner ini relatif mudah dilakukan dan memerlukan waktu pengujian yang sangat singkat sehingga biaya uji terbang dapat dihemat. Anaiisis data basil uji terbang manuver tak stasioner pada tesis ini menggunakan metode identifikasi parameter untuk memperoleh parameter aerodinamika kondisi tak stasioner. Parameter-parameter aerodinamika tersebut kemudian direduksi ke kondisi stasioner, sehingga dapat ditentukan karakteristik aerodinamika, prestasi dan dinamika terbang pesawat udara dalam bentuk kurva-kurva : CL vs Co, CL vs a, RoC vs V dan &e vs V. Karakteristik aerodinamika, prestasi dan dinamika terbang pesawat udara yang diperoteh dalam tesis ini menggunakan data hasil uji terbang proyek Parameter Identification dengan pesawat udara N250-PA1 milik PT IPTN. Hasil analisis yang diperoteh akan dibandingkan dengan hasil analisis dari data uji terbang manuver stasioner.