PERANCANGAN DAN STUDI NUMERIK TURBIN HIDROKINETIK PADA TAIL RACE PLTA BAKARU UNTUK PENERAPAN COMBINED-CYCLE HYDROPOWER SYSTEMS
Penulis | : | Muhammad Ramadhan [23122360] |
Kontributor / Dosen Pembimbing | : |
|
Jenis Koleksi | : | Tesis |
Tahun Terbit | : | 2024 |
Penerbit | : | Teknik Mesin |
Fakultas | : | Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara |
Subjek | : | |
Kata Kunci | : | Hidrokinetik, tail race, Combined-Cycle Hydropower Systems, PLTA Bakaru. |
Sumber | : | |
Staf Input/Edit | : | Irwan Sofiyan |
File | : | 1 file |
Tanggal Input | : | 08 Jan 2025 |
Target Net Zero Emission (NZE) 2060 mendorong optimalisasi pembangkit listrik terbarukan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah pemanfaatan energi kinetik aliran tail race PLTA dengan memasang turbin hidrokinetik. Energi yang dihasilkan dapat mengurangi Pemakaian Sendiri (PS) PLTA melalui konsep Combined-Cycle Hydropower Systems.
Penelitian ini dilakukan di PLTA Bakaru, Sulawesi Selatan, yang merupakan pembangkit run-of-river dengan turbin Francis vertikal. Pengukuran kecepatan aliran pada tail race dilakukan menggunakan Acoustic Doppler Current Profiler (ADCP) menunjukkan kecepatan aliran tail race sebesar 1,6–2,4 m/s pada saat PLTA Bakaru berada pada beban maksimum 126 MW, sehingga potensi daya teoritis dari tail race PLTA Bakaru adalah sebesar 48 kW.
Simulasi dilakukan pada tiga desain turbin dengan panjang chord 100 mm, 209 mm, dan 314 mm berdasarkan nilai solidity (0,1; 0,2; 0,3) ditempatkan pada dua posisi pemasangan di tail race. Hasilnya menunjukkan bahwa turbin dengan chord 100 mm memiliki koefisien momen tertinggi, sementara posisi pemasangan 2 menghasilkan daya lebih besar dibandingkan posisi 1. Sehingga diketahui daya tertinggi sebesar 1.436,84 W diperoleh pada turbin dengan chord 100 mm di posisi pemasangan 2.