digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Aktivitas perusahaan di pasar internasional merupakan salah satu bentuk keterlibatan dalam pasar internasional yang dikenal dengan istilah internasionalisasi. Salah satu kontribusi utama dari aktivitas pasar internasional adalah terhadap neraca pembayaran suatu negara. Perusahaan kecil sangat penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, khususnya di negara berkembang. Karena keterbatasan sumber daya dan kapasitas, banyak perusahaan kecil di negara berkembang menghadapi kendala rumit saat mencoba memasuki pasar global dengan cepat. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan kerangka teoritis yang dapat mengungkap sumber daya dan kemampuan yang penting dan terintegrasi dalam proses internasionalisasi. Selain melakukan studi literatur, studi multi kasus diadopsi untuk mengeksplorasi proses pencapaian keberhasilan internasional perusahaan kecil berorientasi ekspor Indonesia. Wawancara mendalam dengan dua belas perusahaan kecil di sektor kuliner, mode, dan kerajinan dilakukan untuk mengumpulkan data kualitatif. Analisis isi mengikuti struktur input-proses-output-outcome sebagai dasar untuk mengembangkan kerangka kerja yang kuat. Berdasarkan Resource-Based View (RBV), penelitian ini mengungkap peran sinergis dari produksi, jaringan, pemasaran, pembelajaran, dan kemampuan hukum dalam menciptakan keunggulan kompetitif yang mendukung kelangsungan dan keberlanjutan bisnis. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa internasionalisasi yang sukses tidak dicapai oleh satu kapabilitas saja, tetapi melalui sekumpulan kapabilitas terintegrasi yang dapat melayani kebutuhan pasar. Studi ini memberikan kontribusi terhadap literatur dengan menawarkan kerangka kerja komprehensif yang memetakan struktur input-proses-output-hasil dari proses internasionalisasi, dan menawarkan wawasan praktis bagi para pembuat kebijakan dan praktisi yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing UKM. Hasilnya menggarisbawahi pentingnya pengembangan kapabilitas dan dukungan pemerintah dalam memfasilitasi ekspansi global UKM. Pada akhirnya, studi ini memberikan dasar untuk penyelidikan lebih lanjut terhadap kapabilitas yang teritegrasi yang dibutuhkan UKM untuk berkembang di pasar internasional.