digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
PUBLIC Open In Flip Book Dessy Rondang Monaomi

Integrasi teknologi ke dalam dunia pendidikan telah meningkatkan aksesibilitas, efisiensi, dan efektivitas pendidikan secara signifikan di seluruh dunia. Perangkat keras, perangkat lunak, dan platform pembelajaran telah merevolusi kegiatan belajar mengajar dengan memungkinkan siswa untuk mengakses berbagai materi pembelajaran yang terbaru dan inovatif. Di Indonesia, pemerintah telah memberikan investasi besar dalam meningkatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan telah mendukung transformasi digital di sekolah-sekolah. Namun, pengadopsian teknologi yang cepat ini seringkali mengabaikan dampaknya terhadap lingkungan, terutama peningkatan limbah elektronik dan konsumsi energi yang berkontribusi besar terhadap emisi karbon. Sektor pendidikan, khususnya sekolah menengah, dapat menjadi sumber emisi karbon yang makin relevan karena penggunaan perangkat elektroniknya yang makin intensif. Terdapat studi-studi terdahulu yang telah mengeksplorasi pentingnya proses pengamatan emisi karbon di sektor pendidikan dasar maupun menengah. Studi- studi tersebut berhasil membuat kakas sederhana yang menekankan perlunya alat- alat yang memungkinkan siswa dan institusi untuk menghitung dan mengurangi emisi karbon mereka secara aktif. Namun, masih terdapat kesenjangan yang besar dalam pengembangan aplikasi pemantauan khusus yang disesuaikan untuk lingkungan pendidikan menengah, yang dapat mengelola dan mengurangi dampak lingkungan mereka secara sistematis. Penelitian ini berfokus pada pengembangan sistem pemantauan dan prediksi emisi karbon yang disesuaikan untuk sekolah menengah. Sistem ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dampak penggunaan teknologi pendidikan terhadap lingkungan, serta memandu pembuat kebijakan, pendidik, dan pemangku kepentingan menuju keputusan yang bertanggung jawab terhadap lingkungan. Dengan memanfaatkan kerangka kerja CRISP-DM, penelitian ini menggunakan data operasional dan perhitungan emisi untuk mengembangkan model prediktif dan strategi optimisasi untuk pembelian alat elektronik di sekolah. Sistem ini dilengkapi dengan antarmuka yang intuitif, membuatnya mudah bagi sekolah untuk mengakses hasil prediktif dan membuat keputusan pembelian yang bertanggungjawab sehingga dapat meningkatkan kesadaran tentang pentingnya mengurangi jejak karbon di sekolah. Hasil implementasi sistem menunjukkan bahwa sekolah-sekolah yang menggunakan perangkat elektronik secara intensif menghasilkan emisi karbon yang cukup signifikan. Secara keseluruhan, penelitian ini berhasil mengembangkan sistem yang dapat memantau dan memprediksi emisi karbon. Sistem dapat menjadi pembantu sekolah dalam mengatasi dampak lingkungan mereka dengan strategi berbasis data.