digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Komunitas fighting game Indonesia (juga disebut sebagai FGC Indonesia) adalah pasar yang luas dan masih memiliki banyak kebutuhan tidak terpenuhi. Karena komunitas yang terpisah-pisah, kebutuhan keterampilan dasar yang lebih tinggi untuk mulai bermain, dan popularitas gim fighting yang tidak setinggi gim dari genre lain, jumlah bisnis yang memenuhi kebutuhan FGC lokal sangat sedikit. Contohnya adalah pembuatan stik kendali gim fighting, yang mengambil inspirasinya dari kabinet arkade tempat gim fighting bermula. Jenis stik kendali ini sudah menjadi bagian penting dari budaya gim fighting secara global, sebagai cara seseorang dapat mendalami sejarah gim fighting serta meningkatkan performa mereka di dalam gimnya. Namun, produksi di Indonesia untuk jenis stik kendali ini masih sangat terbatas dan susah diakses karena faktor-faktor yang sudah disebutkan di atas. Produsen luar negeri juga mahal karena kurs mata uang dan bea cukai, sehingga menjadi opsi yang kurang menarik bagi pemain lokal. Melihat kesempatan blue ocean ini, ditambah dengan latar belakang dan pengalaman penulis sendiri dalam tidak hanya gim fighting tetapi juga bisnis, teknik, dan dunia esports yang lebih luas, penulis menyusun rencana bisnis manufaktur yang mampu memenuhi kebutuhan FGC lokal. Harapannya adalah untuk menjadi produsen terdepan untuk stik kendali gim fighting di Indonesia, dengan kualitas terbaik untuk budget yang cocok dengan target pasar lokal sembari meningkatkan aksesibilitas untuk stik kendali gim fighting melalui pemasaran strategis dan pelibatan komunitas.