digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

1984_TS_PP_HARTANTO_1.pdf
PUBLIC Irwan Sofiyan

Tesis ini menyajikan model variabilitas dari waktu perjalanan pada ruas jalan yang berlampu lalu-lintas di Bandung. Model tersebut mengandung unsur-unsur penting, yaitu; panjang clan lebar ruas jalan,besar arus lalu-lintas dan kondisi lampu lalu-lintas.Unsur-unsur ini diwakili, di dalam model, oleh kecepatan arus lalu-lintas, besar arus lalu-lintas, standar deviasi dariwaktu berhenti, dan rata-rata waktu berhenti yang disebabkan oleh lampu lalu- lintas.Persamaan untuk harga flow/sat-flow = 0.16 sampai 0.49 a d a l a h : C. V: _ c.731 . a (71.20 -26.61 Q/S } 3600 L d (71.70 - 26.61 Q/S) Sedang untuk harga flow/sat.flow = 0.53 sampai 0.74, persamaannya adalah : C.V.= 0.731 • a (61.10 - 53.80 VS) 3600 L + a (61.10 - , Model mempunyai anggapan bahwa arus lalu-lintas bervariasi secara acak di sekitar nilai rata-rata yang tetap, dan variabilitas pada ruas jatan dianggap kecil dibandingkan dengan variabilitas yang disebabkan oleh lampu lalulintas. Setelah dikalibrasikan pada keadaan Bandung, model tersebut diujicobakan terhadap data lapangan dan menunjukkan hasil-hasil yang baik. Hasil-hasil tersebut cenderung lebih baik jika arus lalu-lintas tidak terganggu oleh kendaraan yang sedang berhenti,kendaraan yang parkir, dan persimpangan jalan. Hasil-hasil tersebut, umumnya, juga lebih baik jika arus lalu-lintas cukup tinggi. Kemungkinan perluasan dari hasil ini di masa yang akan datang adalah penggunaannya untuk penyusunan nilai reabilitas pada seluruh jaringan jalan perkotaan