Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Berdasarkan hasil penelitian, Indonesia memiliki kemampuan berbahasa Inggris
yang rendah, diperburuk oleh kurangnya sumber daya pengajar dan
ketidakmerataan pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini,
dikembangkan solusi berupa Intelligent Tutoring System (ITS) untuk pembelajaran
bahasa Inggris menggunakan Large Language Model dengan few shot prompting.
Modul chatbot dari ITS dikembangkan untuk menciptakan pembelajaran
terpersonalisasi dan meningkatkan efektivitas proses pembelajaran. Modul chatbot
ini diimplementasikan sebagai aplikasi backend yang mengakomodasi berbagai
interaksi dengan chatbot.
Pengembangan chatbot dimulai dengan eksperimen perbandingan LLM dasar
untuk mendapatkan model dasar terbaik. Dalam eksperimen ini, berbagai kandidat
model dasar diaplikasikan dengan berbagai prompt berbeda, lalu tiap kombinasi
tersebut diuji kualitas keluarannya. Dilakukan juga pengembangan model dasar
menjadi 8 use case berbeda, yaitu student qa, feedback generation, translation,
grammar correction, tutor qa, question generation, answer generation, dan
explanation generation. Pengembangan use case dan peningkatan kinerja model
menggunakan teknik few-shot prompting, yaitu dengan memberi beberapa contoh
task.
Dari eksperimen perbandingan model didapatkan model terbaik yaitu llama 3 7B
instruct, dengan prompt jenis simple task instruction. Setelah itu, dari eksperimen
peningkatan kinerja, terdapat peningkatan kinerja model dasar sebesar 7.97%
dengan nilai akhir informativeness sebesar 0,958 dan accuracy sebesar 0,9649.
Model dikembangkan menjadi chatbot pembelajaran bahasa Inggris yang
terintegrasi dengan aplikasi Intelligent Tutoring System dalam bentuk API. Hasil
functional testing menyatakan bahwa modul chatbot telah berfungsi sesuai tujuan.