Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Pembelajaran daring menjadi salah satu alternatif pengajaran yang cukup
diperhatikan sejak terjadinya pandemi Covid-19. Dalam penelitian ini, penulis
mengeksplorasi solusi untuk masalah penting dalam pendidikan daring yaitu
pendeteksian emosi pelajar dan penyajian laporan kepada pengajar melalui sebuah
dashboard. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah model yang
dapat mendeteksi emosi pelajar melalui ekspresi wajah meskipun terdapat objek
penghalang. Dataset yang digunakan pada penelitian ini adalah Augmented-Masked
FERPlus. Dataset Masked-Augmented FERPlus berusaha menyelesaikan masalah
ketidakseimbangan dataset dalam pendeteksian emosi, terutama ketika wajah
terhalang oleh objek seperti masker. Dataset ini digunakan untuk melatih berbagai
model machine learning, termasuk Convolutional Neural Networks (CNN), VGG16,
ResNet, dan InceptionV3. Dataset yang diagumentasi dan diberi masker yang
mencapai akurasi 0,747 dengan model Convolutional Neural Networks (CNN).
Meskipun teknik augmentasi yang digunakan dalam penelitian ini sederhana, namun
hasil percobaan menunjukkan bahwa dataset Augmented-Masked FERPlus ini secara
efektif mengurangi overfitting model saat pelatihan.