Pada tesis ini, teknik Artificial Neural Networks (ANN) diterapkan untuk
memprediksi parameter aliran dari pengukuran Five-Hole Probe (FHP).
Teknik ANN digunakan untuk memperkirakan sudut serang, sudut selip, dan
kecepatan aliran. Data eksperimen pekerjaan ini diperoleh dari pengujian
terowongan angin kecepatan rendah. Dalam pengujian, kecepatan terowongan
bervariasi dari 10 hingga 50 m/s dengan penambahan 10 m/s. Sudut serang
bervariasi dari -30° hingga 90° dan sudut selip bervariasi dari -20° hingga 20°.
Dari data yang diukur, 80% dipilih secara acak untuk membangun model ANN,
sedangkan 20% sisanya digunakan untuk memvalidasi model. Keakuratan
teknik ANN dibandingkan dengan metode konvensional lain. Metode pertama
menggunakan formula yang disediakan oleh produsen FHP dan metode kedua
menggunakan polinomial curve-fit orde ke-5. Kebaruan proses dalam
penelitian ini adalah penggunaan model ANN tunggal untuk memprediksi
ketiga parameter aliran. Model tunggal ini dapat digunakan di seluruh rentang
Angle of Attack (AoA), Angle of Sideslip (AoS), dan Airspeed.
Temuannya menunjukkan bahwa model ANN secara akurat memperkirakan
parameter aliran dalam rentang AoA rendah, melampaui metode formula dan
metode polinomial dalam Mean Absolute Error (MAE) dan maximum absolute
error. Selain itu, metode ANN secara signifikan mengungguli dua metode
lainnya dalam memperoleh parameter aliran di daerah dengan AoA tinggi.
Model yang diusulkan dapat menghasilkan MAE dan maximum absolute error
sebesar 0,164 dan 2,605 untuk AoA, masing-masing sebesar 0,584 dan 14,522
untuk AoS, serta sebesar 0,024 dan 0,242 untuk airspeed. Peningkatan lebih
lanjut dari model ANN dapat diperoleh dengan melakukan segmentasi wilayah
penerapan. Hasil awal menunjukkan bahwa peningkatan dapat dicapai sebesar
95%.