Perkembangan teknologi struktur pada kendaraan terus mengalami peningkatan pesat selama beberapa tahun terakhir salah satunya dalam bidang kendaraan tempur. Kendaraan tempur memerlukan struktur yang tahan terhadap ledakan agar keselamatan penumpang di dalamnya terjamin. Salah satu jenis struktur yang memiliki potensi keunggulan untuk digunakan adalah Snap-through Induced Multistable Sandwich Structures. Struktur tersebut menggunakan multistable beam sebagai core yang memiliki kemampuan yang baik dalam menyerap energi impak akibat ledakan.
Dalam penelitian ini dilakukan studi dan simulasi untuk mengetahui respon Snap-through Induced Multistable Sandwich Structures terhadap variasi pembebanan ledak. Model beban ledak yang digunakan adalah Load Blast Enhanced (LBE) dengan variasi beban ledak 8 kg, 10 kg, dan 11 kg. Selain variasi pembebanan ledak, simulasi lain juga dilakukan yaitu variasi konfigurasi (Konfigurasi I dan II) dan variasi kegagalan material (Johnson-Cook, Cockroft-Latham, dan Piecewise Linear Plasticity). Pada simulasi terakhir, ditambahkan metode element deletion untuk mengetahui proses kegagalan yang terjadi pada struktur.
Berdasarkan analisis simulasi, didapatkan hasil penyerapan energi optimum adalah konfigurasi II dengan metode Johnson-Cook sebesar 5,3 kJ/kg (TNT = 8 Kg), 6,89 kJ/Kg (TNT = 10 kg) dan 7,69 kJ/kg (TNT = 11 kg). Pada simulasi tersebut tidak ditemukan adanya kegagalan. Simulasi tambahan menggunakan element deletion menunjukkan fracture failure terjadi pada sambungan antara multi-stable beam dan frame core.