digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Memastikan kepatuhan terhadap regulasi ICAO dalam desain Stasiun Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Bandara (ARFF) sangatlah penting untuk keselamatan penerbangan. Namun, menilai kepatuhan terhadap standar keselamatan penerbangan internasional yang beragam dan rumit merupakan tantangan yang signifikan. Metodologi evaluasi yang ada seringkali kurang memiliki pendekatan terstruktur, yang menghambat penilaian komprehensif dan wawasan yang dapat diambil terkait area kepatuhan atau ketidakpatuhan. Metodologi ini melibatkan pendekatan sistematis yang mencakup ekstraksi, kondensasi, dan organisasi dari persyaratan regulasi penting dari dokumen ICAO, dengan menekankan khususnya pada ICAO Doc 9137 Bagian 1. Tesis ini mengembangkan Matriks Kepatuhan dan Kesesuaian (MKK) sebagai alat evaluasi untuk memfasilitasi perbandingan terstruktur antara standar regulasi dan desain bangunan ARFF yang ada. Metodologi ini melibatkan representasi tabel, analisis terperinci, dan rekomendasi berdasarkan hasil penilaian. Evaluasi desain bangunan ARFF terhadap standar ICAO menyoroti area kepatuhan dan ketidakpatuhan yang kritis. Melalui analisis yang cermat, kekurangan khusus dalam fasilitas pengujian selang pemadam kebakaran, peralatan pemompaan busa, dan fasilitas agen/bubuk teridentifikasi. Solusi inovatif diusulkan, termasuk dengan memanfaatkan ulang pesawat yang rusak untuk fasilitas pengujian dan mengintegrasikan peralatan pemompa portabel untuk meningkatkan efisiensi operasional dan kepatuhan terhadap standar ICAO.