digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Rahadian Maulana Malik
PUBLIC Irwan Sofiyan

COVER - RAHADIAN MAULANA MALIK
PUBLIC Irwan Sofiyan

BAB 1 - RAHADIAN MAULANA MALIK
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 - RAHADIAN MAULANA MALIK
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 - RAHADIAN MAULANA MALIK
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 - RAHADIAN MAULANA MALIK
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 - RAHADIAN MAULANA MALIK
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA - RAHADIAN MAULANA MALIK
PUBLIC Irwan Sofiyan

Riset ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi perhitungan WAB untuk X-123 pada Electronic Flight Bag (EFB), sebuah pesawat turboprop kecil, sesuai dengan peraturan di Indonesia dan untuk meneliti karakteristik berat dan keseimbangan X-123. Staff Instruction 8900 - 3.3 dianalisis untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam pengembangan EFB. Data pesawat seperti batasan berat pesawat dan balance arms dikumpulkan dari buku panduan penerbangan pesawat X-123. Desain arsitektur global dan fitur-fitur penting kemudian diusulkan sebagai pengembangan awal EFB sesuai dengan regulasi. Pada desain arsitektur global, pemanfaatan gateway menjadi penting sebagai penghubung antara pengembang EFB dan klien, memberikan fleksibilitas perubahan data pesawat kepada klien. Selain itu, formula perhitungan dibahas secara lengkap dalam modul perhitungan sebagai fitur penting. Model perhitungan sederhana dibuat untuk mengimplementasikan rumus dalam bahasa pemrograman, Python. Beberapa simulasi dilakukan untuk memeriksa formula dan menganalisis karakteristik berat dan keseimbangan X-123. Menurut hasil simulasi, X-123 adalah pesawat yang berat di bagian ekor. Selain itu, berat muatan dan perubahan distribusi muatan dapat mempengaruhi lokasi CG secara signifikan. Disarankan untuk menimbang dan menetapkan muatan sebelum penerbangan untuk memastikan keselamatan operasi penerbangan. Selain itu, proposal desain arsitektur dan fitur-fitur substansial dapat digunakan sebagai referensi dan dikembangkan lebih lanjut oleh perusahaan penerbangan Indonesia. Sementara itu, analisis simulasi dapat digunakan sebagai panduan bagi operator X-123 dalam mengembangkan prosedur pemuatan pesawat.