digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

FINAL PROJECT - PUTRI NURDIANA.pdf
PUBLIC Jufrizal Effendi, S.Sos

Industri makanan dan minuman menjadi bisnis yang sedang banyak diminati karena memiliki peluang yang besar dan juga potensi pasar. Banyak bisnis UKM makanan dan minuman yang gagal bahkan bangkrut karena tidak menggunakan strategi bisnis yang tepat., tidak memiliki dana yang memadai, kurangnya pengelolaan manajemen sumber daya manusia dan kurang pengelolaan pada bisnis operasional. Masalah utama dari gejala-gejala tersebut adalah karena hampir semua pendiri UKM tersebut mengerjakan semua hal bisnis sendiri yang bertanggung jawab untuk mengelola keberlangsungan bisnis. Setelah menentukan masalah dan pertanyaan penelitian, penelitian eksplorasi digunakan untuk mendapat pemahaman mendalam mengenai isu tersebut. Dalam penelitian ini, penelitian eksplorasi ini berdasarkan kepada landasan teori atau tinjauan pustaka, observasi dan wawancara yang mendalam. Setelah melakukan diskusi dann analisis data, hasil dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan faktor kunci keberhasilan untuk memulai kemitraan bisnis yang cocok untuk UKM industri makanan dan minuman. Faktor kunci keberhasil tersebut diantaranya, syarat-syarat bisnis kemitraan termasuk perjanjian kemitran, legalitas usaha, kemampuan mitra, persamaan hak dan sistem bagi hasil. Selanjutnya, manajemen komunikasi yang baik, manajemen tim dengan memutuskan salah satu mitra sebagai penanggung jawab atau mempekerjakan sesorang yang sudah memiliki pengalam dalam mengelola bisnis dan strategy pemecahan masalah melalui perbaikan, pembaruan, pengembangan dan akuisisi. Karena penelitian ini dilakukan di kota Bandung Indonesia, ada dua temuan terkait kunci keberhasilan dalam bisnis kemitraan yang dilakukan di lingkungan bisnis Indonesia. Pertama, bisnis kemitraan memerlukan kordinasi polisi jika mengadakan acara yang cukup besar atau berpotensi mengganggu ketertiban masyarakat dengan tujuan untuk menarik konsumen. Alasan dari temuan tersebut adalah karena jika bisnis kemitraan tidak melakukan kordinasi kepada keamanan daerah tersebut, polisi atau tim keamanan bisa saja membubarkan acara tersebut secara langsung tanpa perlu kordinasi kepada pihak bisnis. Kedua, bisnis kemitraan akan lebih baik jika melakukan kerjasama dengan perusahaan rokok sebagai satu syarat agar bisa bertahan dalam persaingan bisnis. Selain itu, kerjasama dengan perusahaan rokok juga bermanfaat bagi bisnis kemitraan untuk mendapatkan dukungan baik secara keuangan atau promosi untuk mengadakan suatu acara yang menguntungkan untuk kedua belah pihak. Kinerja bisnis kemitraan menjadi salah satu strategy untuk meningkatkan nilai bisnis UKM. Sebagai masukan, pendiri dari usaha makanan minuman di bandung harus jelas mendefinisikan apa yang menjadi masalah dan kebutuhan dari usahanya agar menemukan mitra yang tepat untuk membuat strategy untuk tumbuh bersama menghadapi tantangan dan menangkap peluang dengan memanfaatkan modal yang ada dengan baik dan membuat jaringan antara pendiri- pendiri usaha makanan dan minuman .