
ABSTRAK Syahrizan Malindo Putra
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Transformasi pendidikan dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk meningkatkan
kualitas mutu pendidikan nasional dengan melakukan perubahan terhadap sistem seleksi
masuk perguruan tinggi. Perubahan besar terjadi pada Seleksi Nasional Berdasarkan Tes
(SNBT) yang hanya berfokus pada kemampuan penalaran dan literasi bahasa. Adanya
perubahan dalam seleksi SNBT membuka peluang baru bagi lembaga bimbingan belajar
(bimbel) khususnya Bimbel Ocean untuk meningkatkan jumlah konsumen pada program
kelas SNBT. Segmentasi pasar yang belum dilakukan menjadi permasalahan utama bagi
Bimbel Ocean dalam menentukan target pasar utama untuk program kelas SNBT.
Akibatnya strategi komunikasi pemasaran dari Bimbel Ocean belum efektif sehingga
tidak banyak konsumen yang mengetahui mengenai program kelas SNBT pada Bimbel
Ocean.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi variabel utama yang berpengaruh
terhadap intensi dan motivasi siswa dalam mengikuti bimbel. Oleh karena itu, dibangun
model berdasarkan penelitian terdahulu yang relevan dengan intensi dan motivasi. Model
tersebut dianalisis dengan teknik partial least squares structural equation modelling
(PLS-SEM) untuk pengidentifikasian variabel utama yang memengaruhi intensi dan
motivasi siswa dalam mengikuti bimbel. Namun untuk mempermudah Bimbel Ocean
dalam penentuan target pasar, dilakukan analisis latent class clustering dengan teknik
finite mixture partial least squares untuk pembentukan segmen konsumen berdasarkan
variabel utama.
Hasil dari penelitian ini adalah terdapat dua segmen yang terbentuk berdasarkan faktor
yang memengaruhi intensi dan motivasi siswa dalam mengikuti lembaga bimbel, yaitu
“Ambitious Students” dan “Volatile Students”. Target pasar yang dipilih adalah segmen
pertama yaitu “Ambitious Students”, segmen yang intensi dan motivasi dalam mengikuti
bimbel dipengaruhi oleh keinginan yang besar dari siswa untuk meningkatkan prestasi
akademik di sekolah dengan mengikuti bimbel dalam mengisi waktu luang. Temuan
penelitian ini digunakan untuk pengembangan strategi komunikasi pemasaran.