digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

1999 TS PP EDDY KRISMEIDI SOEMAWILAGA 1-cover.pdf


1999 TS PP EDDY KRISMEIDI SOEMAWILAGA 1-bab1.pdf

1999 TS PP EDDY KRISMEIDI SOEMAWILAGA 1-bab2.pdf

1999 TS PP EDDY KRISMEIDI SOEMAWILAGA 1-bab3.pdf

1999 TS PP EDDY KRISMEIDI SOEMAWILAGA 1-bab4A.pdf

1999 TS PP EDDY KRISMEIDI SOEMAWILAGA 1-bab4B.pdf

1999 TS PP EDDY KRISMEIDI SOEMAWILAGA 1-bab5A.pdf

1999 TS PP EDDY KRISMEIDI SOEMAWILAGA 1-bab5B.pdf

1999 TS PP EDDY KRISMEIDI SOEMAWILAGA 1-bab6.pdf

1999 TS PP EDDY KRISMEIDI SOEMAWILAGA 1-pustaka.pdf

Abstrak : Tesis ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh perilaku kepemimpinan transaksional-transformasional terhadap sikap bawahan yang mendukung perbaikan mutu berkelanjutan. Hipotesis yang diuji adalah bahwa perilaku Kepemimpinan Transformasional memberi pengaruh positif terhadap sikap bawahan dalam perbaikan mutu berkelanjutan, sementara perilaku Kepemimpinan Transaksional memberi pengaruh negatif terhadap sikap bawahan dalam perbaikan mutu berkelanjutan. Untuk hal itu, maka penelitian dilakukan di dua tempat yaitu kantor pusat PT Jam Marga dan Bank Bali Business Unit Padang dengan melibatkan 96 pegawai dari kedua perusahaan. Sikap bawahan yang mendukung perbaikan mutu berkelanjutan yang dikaji adalah sikap berani mengambil resiko, sikap terbuka dan sikap kritis, yang selanjutnya menjadi variabel dependen. Dengan menggunakan analisis statistik analisis faktor dan analisis regresi berganda ternyata basil yang diperoleh menunjukkan bertentangan dengan hipotesis penelitian. Di kedua perusahaan sikap bawahan yang mendukung perbaikan mutu berkelanjutan dipengaruhi oleh perilaku kepemimpinan transaksional yang dalam hal ini banyak dipengaruhi dengan imbalan kontinjen. Dari hasil tersebut, pengaruh perilaku kepemimpinan transaksional memiliki indikasi dipengaruhi oleh faktor-faktor luar antara lain : kondisi ekonomi dan budaya organisasi. Sehingga dalam penelitian selanjutnya hal ini perlu dijadikan pertimbangan.