digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

1998 TS PP DJOKO SARWONO 1-BAB1.pdf


1998 TS PP DJOKO SARWONO 1-BAB2.pdf

1998 TS PP DJOKO SARWONO 1-BAB3.pdf

1998 TS PP DJOKO SARWONO 1-BAB4.pdf

1998 TS PP DJOKO SARWONO 1-BAB5.pdf

1998 TS PP DJOKO SARWONO 1-BAB6.pdf

1998 TS PP DJOKO SARWONO 1-COVER.pdf

1998 TS PP DJOKO SARWONO 1-PUSTAKA.pdf

ABSTRAK: Ruas jalan tol Srondol-Jatingaleh merupakan jalan alternatif, dan daerah Srondol di Semarang Selatan menuju Jatingaleh untuk kemudian diteruskan ke pusat kota Semarang, disamping jalan arteri yang sudah ada. Pokok bahasan studi ini adalah probabilitas pemilihan rute oleh mobil penumpang, yaitu kendaraan roda empat yang digunakan untuk angkutan penumpang, dengan maksimum 10 orang penumpang termasuk pengemudi. Untuk mengkaji tingkat probabilitas mobil penumpang memilih rute, digunakan Model Logit Binomial (MLB), serta sub bahasan MLB Selisih dan MLB Rasio, dengan peubah bebasnya: biaya perjalanan, kecepatan perjalanan, dan waktu tempuh. Analisa statistik, memperlhatkan bahwa MLB Rasio lebih representatif dibandingkan dengan MLB Selisih. Nilai koefisien determinasi (r2) MLB Rasio adalah 0.2045, yang disebabkan oleh : 1. adanya peraturan yang mengharuskan bus dan truk lewat jalan tol, hal tersebut mempengaruhi opini pengguna jalan. 2. penghematan waktu perjalanan tidak begitu besar. 3. minimnya nilai tambah jika memilih rutejalan tol. 4. pelayanan rute jalan arteri masih cukup baik. Berdasarkan analisa, maka model dalam kajian yang mencerminkan kondisi lapangan adalah MLB Rasio dengan peubah bebasnya rasio biaya perjalanan, dan persamaannya adalah : (RUMUS) Model ini mengindikasikan biaya perjalanan, masih menjadi salah satu tolok ukur yang cukup dominan bagi pengguna jalan dalam menentukan rute pilihannya.