2023 SK PP Aulya Husna Fajri [19220063] - Full Text.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa
Di Indonesia, mahasiswa yang merantau memiliki berbagai alternatif tempat tinggal, antara lain kost, asrama, kontrakan, dan apartemen. Namun, selama proses pencarian terkadang banyak kendala yang dihadapi seperti terbatasnya waktu untuk mencari indekos, indekos yang diinginkan sudah penuh, indekos tidak sesuai dengan ekspektasi, dan pertimbangan lain yang membuat sulit untuk mendapatkan indekos yang sesuai dengan preferensi yang diinginkan. Permasalahan ini dilihat sebagai peluang untuk membangun sebuah bisnis berbasis teknologi yang dapat mengatasi berbagai kendala yang dihadapi mahasiswa dalam proses mendapatkan indekos. Teman Survei hadir sebagaisitus pencari indekos dengan menawarkan fitur data informasi, foto, dan video room tour yang detail dan lengkap. Sejak Juli 2022, layanan website Teman Survei telah beroperasi dan telah menarik 49 pengguna. Sayangnya, dari jumlah tersebut, hanya 10 pengguna yang melakukan transaksi, sehingga menghasilkan volume penjualan yang kecil. Data dari pengguna Teman Survei mengungkapkan bahwa tiga pengguna mengeluhkan respon admin, tiga lainnya membatalkan karena layanan yang kurang memuaskan, dan dua pengguna membatalkan karena proses pemesanan yang tidak cepat. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas layanan yang diberikan oleh Teman Survei belum optimal, yang menyebabkan sejumlah besar pelanggan memilih untuk tidak melanjutkan pembayaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk lebih memahami faktor- faktor kualitas layanan elektronik yang memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen dan niat beli. Peneliti juga mencoba untuk menentukan faktor-faktor kualitas layanan elektronik yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen terhadap niat beli. Partial Least Square- Structural Equation Modeling, sebuah teknik kuantitatif, digunakan untuk menguji model penelitian dengan menggunakan data dari 237 pengguna situs web rumah kos di Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan dan niat beli dipengaruhi secara positif oleh masing-masing dari lima elemen kualitas layanan elektronik: desain situs web, keandalan, daya tanggap, kepercayaan, dan personalisasi. Dan menemukan bahwa personalisasi adalah dimensi yang paling berpengaruh.