digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Indonesia menghadapi masalah yang serius terkait limbah plastik, dan sedotan plastik merupakan salah satu faktor utama dalam isu ini. Mengingat urgensi dari masalah ini, 4PACT menawarkan alternatif yang 100% ramah lingkungan untuk menggantikan sedotan plastik. Namun, sedotan yang dapat dimakan ini masih merupakan konsep baru di pasar Indonesia, di mana pemahaman perusahaan terhadap konsumen mengenai produk ini masih kurang. Oleh karena itu, peneliti bertujuan untuk mengembangkan pemahaman yang lebih komprehensif mengenai konsumen 4PACT terkait faktor-faktor yang memengaruhi niat penggunaan dengan menggunakan Model TPB (Theory of Planned Behavior) dan memberikan rekomendasi bagi perusahaan dan pelanggannya untuk mengembangkan strategi pemasaran yang relevan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui survei online sebagai instrumennya. Studi ini menggunakan data dari 171 responden yang berdomisili di Jabodetabek dan Jawa Barat, berusia 15 hingga 35 tahun, dengan frekuensi minimal 4 kunjungan ke kafe per bulan. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa persepsi kontrol perilaku dan norma subjektif dari Model TPB memiliki hubungan yang signifikan dengan niat penggunaan konsumen, sama halnya dengan pengetahuan lingkungan sebagai faktor tambahan dalam model ini. Sebaliknya, sikap konsumen tidak ditemukan memiliki hubungan yang signifikan dengan niat penggunaan konsumen. Hasil dari penelitian ini akan berguna untuk rekomendasi pengembangan strategi pemasaran bagi perusahaan yang menawarkan produk hijau dengan berfokus pada bagaimana konsumen mempersepsikan kontrol atas keputusan mereka, norma sosial yang terkait dengan isu tersebut, dan bagaimana pengetahuan lingkungan dapat menjadi bantuan yang tepat untuk meningkatkan niat penggunaan konsumen.