digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Industri properti memiliki kontribusi signifikan terhadap ekonomi dunia, termasuk Indonesia dengan sumbangan sebesar Rp 2.349 hingga Rp 2.865 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia setiap tahunnya. Teman Survei, sebuah perusahaan di industri properti, menawarkan layanan survei properti online sebagai produk pertamanya. Selama tahap pengembangannya, Teman Survei menghadapi kurangnya penjualan dan tidak yakin dengan produk bisnisnya karena kurangnya keterlibatan pasar sasaran saat mengembangkannya. Oleh karena itu, proyek penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi fitur-fitur yang paling dibutuhkan oleh pasar sasaran Teman Survei. Studi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif untuk mengetahui fitur-fitur yang paling dibutuhkan oleh pelanggan. Melalui analisis dan evaluasi yang teliti, temuan penelitian menunjukkan bahwa layanan survei sangat disukai oleh pelanggan. Fitur ini menawarkan pengalaman yang mendalam dan memungkinkan evaluasi kondisi properti secara komprehensif tanpa kunjungan fisik. Implikasi dari studi ini menyoroti pentingnya menyelaraskan layanan-layanan Teman Survei dengan harapan- harapan pelanggan, memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan sumber daya dan menghindari kerugian potensial. Dengan memprioritaskan pengembangan fitur-fitur yang diinginkan berdasarkan kebutuhan pelanggan, Teman Survei dapat meningkatkan kesesuaian produk dengan pasar, efisiensi, dan efektivitas. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap kemajuan industri properti di Indonesia dan memberikan wawasan berharga bagi pengembangan bisnis Teman Survei.