digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

13518006 Ahadi Ihsan Rasyidin.pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Sarana transportasi yang efisien penting untuk mendukung aktivitas mobilisasi masyarakat. Pertumbuhan jumlah kendaraan harus diimbangi dengan pembangunan infrastruktur transportasi yang tepat dan efisien. Jalan tol menjadi salah satu usaha untuk meningkatkan efisiensi transportasi. Pada saat ini penggunaan gerbang tol yang menggunakan sistem palang mengurangi efisiensi tol karena pengendara harus menghentikan kendaraan untuk membayar bea tol. Pengembangan Multi Lane Free Flow diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengurangi waktu transaksi di gerbang tol dengan menghadirkan teknologi pembayaran nirsentuh elektronik yang ditagihkan secara otomatis kepada akun pengendara, sehingga pengendara tidak perlu menghentikan kendaraan di gerbang tol. MLFF membutuhkan identitas kendaraan untuk dapat melakukan penagihan bea tol secara otomatis. Pada tugas akhir ini dikembangkan sistem yang berfungsi untuk mengenali identitas kendaraan dengan memanfaatkan kecerdasan buatan. Identitas kendaraan yang digunakan adalah tanda nomor kendaraan bermotor. Dalam mengembangkan sistem tersebut digunakan model YOLOv8 sebagai fungsi deteksi TNKB dan algoritma OCR untuk mengenali karakter TNKB. Sistem juga memanfaatkan pustaka OpenCV dalam pra proses pengolahan data TNKB. Sistem yang dikembangkan dapat mengenali TNKB dengan akurasi 91.2% dalam pengetesan pada 102 sampel kendaraan. Posisi pengambilan gambar TNKB dan adanya objek lain pada TNKB mempengaruhi akurasi sistem.