digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Auvi Winandri Utami
PUBLIC Yati Rochayati

COVER Auvi Winandri Utami
PUBLIC Yati Rochayati

BAB 1 Auvi Winandri Utami
PUBLIC Yati Rochayati

BAB 2 Auvi Winandri Utami
PUBLIC Yati Rochayati

BAB 3 Auvi Winandri Utami
PUBLIC Yati Rochayati

BAB 4 Auvi Winandri Utami
PUBLIC Yati Rochayati

BAB 5 Auvi Winandri Utami
PUBLIC Yati Rochayati

PUSTAKA Auvi Winandri Utami
PUBLIC Yati Rochayati

Konsep gelombang merupakan konsep penting dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan salah satu instrumen six-tier diagnostic test disertai dengan Certainty of Response Index (CRI) dan menggunakannya untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman konsep dan miskonsepsi peserta didik pada materi gelombang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan jumlah sampel 220 siswa. Data miskonsepsi diperoleh dengan memberikan tes miskonsepsi berupa soal pilihan ganda. Terdapat 32 soal dengan 6 tahapan yang terdiri dari konten pilihan ganda, tingkat keyakinan dalam memilih jawaban, sumber pilihan jawaban, pilihan alasan dalam menjawab pertanyaan, tingkat keyakinan dalam memilih alasan, dan sumber alasan peserta didik dalam menjawab pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase siswa yang memahami konsep pada keseluruhan soal adalah 30%, 34% siswa tidak memahami konsep dan 36% siswa mengalami miskonsepsi. Selain itu, dari hasil penelitian diperoleh bahwa dalam pemilihan jawaban dan alasan jawaban sebesar 61% bersumber dari pendapat pribadi siswa. Kesimpulan yang diperoleh adalah miskonsepsi yang terjadi diakibatkan oleh kesalahan siswa dalam aplikasikan konsep yang diterima ke dalam soal yang diberikan, dan siswa cenderung memilih jawaban dan alasan yang tepat ketika soal yang diberikan dilengkapi dengan gambar dan hanya membutuhkan satu langkah untuk mendapatkan jawaban yang benar