Latar Belakang: Doping adalah penggunaan zat dan/atau metode terlarang untuk
meningkatkan Prestasi Olahraga serta segala bentuk pelanggaran terhadap
peraturan anti-doping. Pelanggaran anti-doping yang dilakukan oleh Atlet baik
secara sengaja atau tidak sengaja didominasi dengan tingkat pengetahuan Atlet
mengenai pelanggaran anti-doping yang masih sangat kurang. Sehingga
pengetahuan mengenai anti-doping menjadi masalah yang harus mendapatkan
perhatian yang sangat serius. Tujuan dari Penulisan ini untuk mengetahui seberapa
besar tingkat pengetahuan atlet Indonesia terhadap Anti-Doping Rule Violations
(ADRV), pengetahuan implementasi Therapeutic Use Exemption (TUE),
pengetahuan penggunaan Aplikasi Whereabouts dan pengetahuan kesemua
komponen tersebut untuk bisa menjadi pedoman bagi atlet dan cabang olahraga
untuk tindakan pencegahan terhadap pelanggaran aturan anti-doping. Metode:
Penulisan ini berupa observational study dengan menggunakan desain Penulisan
deskriptif kuantitatif. Subjek Penulisan menggunakan teknik purposive sampling.
Atlet akan diberikan kuesioner berupa pertanyaan sebenyak 24 soal berasal dari
aplikasi Anti-Doping Education Learning (ADEL) mengenai ADRV, TUE dan
Whereabouts. Kemudian data yang terhimpun dianalisis menggunakan aplikasi
SPSS versi 25 IBM, USA. Hasil: pada variabel Anti-Doping Rule Violations
(ADRV) tingkat pemahaman atlet mayoritas rendah dengan persentase 37%,
variabel implementasi Therapeutic Use Exemption (TUE) tingkat pemahaman atlet
mayoritas tinggi dengan persentase 44%, variabel penggunaan Aplikasi
Whereabouts tingkat pemahaman atlet mayorita tinggi dengan persentase 46% dan
keseluruhan pengetahuan dengan persentase 65% rendah. Kesimpulan:
Kesimpulan dari Penulisan ini adalah didapatkan tingkat pengetahuan atlet terhadap
Anti-Doping Rule Violations (ADRV), Implementasi Therapeutic Use Exemption
(TUE) dan pengetahuan Penggunaan Aplikasi Whereabouts serta mengetahui
tingkat pengetahuan Anti-Doping berdasarkan keseluruhan variable Penulisan
bahwa pada Penulisan ini didapatkan tingkat pengetahuan yang cenderung rendah.