digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2022-Neneng-Karya Tulis
Terbatas Alice Diniarti
» ITB

Dua tahun berlalu sejak pandemic COVID-19 merajalela di seantero dunia, memberi dampak terhadap kondisi normal di semua sendi kehidupan. Wuhan sebagai mula berasal virus ini menjadi pandemic dari sebuah epidemic yang menyebar ke berbagai benua dan negara. Tak terkecuali berdampak pada sektor layanan publik semisal layanan perpustakaan kepada penggunanya. Seiring perkembangan teknologi yang melesat, layanan perpustakaan mengalami banyak perubahan, yang semula layanan pengguna dapat dilakukan secara langsung menjadi serba online dan melalui aplikasi daring, sosmed, Instagram, WAG, dan sebagainya. Sebagai dampak dari perkembangan teknologi tersebut, hadirlah berbagai platform dan aplikasi yang memudahkan orang dalam melakukan kegiatan. Salah satu yang sedang menjadi topik di beberapa perpustakaan yaitu penggunaan aplikasi reservasi, peminjaman dan pengembalian serta perpanjangan secara online.