ABSTRAK Yogi Fitriadi Rakhim
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER Yogi Fitriadi Rakhim
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Yogi Fitriadi Rakhim
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Yogi Fitriadi Rakhim
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Yogi Fitriadi Rakhim
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Yogi Fitriadi Rakhim
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Yogi Fitriadi Rakhim
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
DAFTAR Yogi Fitriadi Rakhim
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
2023 TA TF YOGI FITRIADI RAKHIM 13319026 BAB LAMPIRAN.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakter suara dalam kendaraan taktis tipe Mesin Pembakaran Internal (ICE) dan Kendaraan Listrik (EV) pada kondisi operasional tertentu. Dalam konteks pengembangan kendaraan taktis, pemahaman yang baik tentang karakteristik suara sangat penting untuk meningkatkan kenyamanan pengemudi sipil dan performa akustik kendaraan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi parameter objektif frekuensi menggunakan Fast Fourier Transform (FFT) dan spektogram. Penelitian dilakukan dengan membandingkan karakter suara pada kendaraan taktis Morino 4x4 tipe ICE, kendaraan taktis Morino 4x4 tipe EV, dan Toyota Hilux. Data suara yang diambil meliputi kondisi statis dan dinamis pada kendaraan-kendaraan tersebut. Evaluasi dilakukan dengan menganalisis Sound Pressure Level (SPL) menggunakan FFT dan spektogram untuk mengamati perbedaan dalam rentang dan tingkat SPL antara kendaraan tipe ICE dan EV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendaraan taktis Morino 4x4 tipe EV memiliki rentang SPL yang lebih lebar dan lebih tinggi dibandingkan dengan tipe ICE dan Toyota Hilux pada kondisi statis. Pada kondisi dinamis, kendaraan taktis Morino 4x4 tipe ICE memiliki rentang SPL yang lebih lebar dan lebih tinggi dibandingkan dengan tipe EV dan Toyota Hilux. Perbedaan SPL yang signifikan, sekitar 3.4 dB(A) dari rata-rata SPL dan 6.04 dB(A) dari SPL terbesar, diamati antara kendaraan tipe EV dan ICE. Selain itu, identifikasi event suara menunjukkan bahwa ketiga jenis kendaraan memiliki kesamaan dalam beberapa aspek suara yang terdengar di dalam kabin. Suara-suara seperti starter, Powertrain, motor listrik, HVAC, akselerasi, deselerasi, shifting gear, road bump, squeak & rattle, rolling noise, dan aerodynamic noise ditemukan pada ketiga kendaraan tersebut. Namun, karakteristik frekuensi suara berbeda antara kendaraan-kendaraan tersebut, dengan Toyota Hilux memiliki frekuensi dominan pada kategori low mid, kendaraan taktis tipe EV pada kategori mid, dan kendaraan taktis tipe ICE pada kategori bass.