digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Studi ini mengeksplorasi dinamika pendekatan efektuasi dan kausasi, sebuah teori yang dikemukakan oleh Sarasvathy sebagai metode proses pengambilan keputusan kewirausahaan, dalam usaha baru. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini menganalisis 9 usaha baru berbeda yang diciptakan oleh lulusan baru SBM ITB angkatan 2021. Kami mencatat banyak faktor yang mempengaruhi proses kewirausahaan mereka dalam menggunakan kedua pendekatan tersebut. Dengan fase Penciptaan Usaha Baru sebagai titik tepat untuk peristiwa pengambilan keputusan mereka, Studi ini membedakan tindakan mereka yang diambil serta alasan mereka untuk pendekatan efek atau sebab-akibat berdasarkan pada prinsip-prinsip diferensial inti yang ditetapkan atau aspek-aspek efek atau pendekatan sebab-akibat. Kemudian kami juga mencatat implikasi yang mereka alami setelah menggunakan salah satu pendekatan dalam tindakan mereka. Studi ini menemukan bahwa intuisi, pendidikan, jaringan sosial, panutan, dan ketersediaan lahan dan sumber daya disajikan sebagai faktor yang paling menonjol yang mempengaruhi responden. Tingkat pendekatan efektuasi dan kausasi mempengaruhi semua fase penciptaan usaha baru. Selain itu, implikasi dari penggunaan pendekatan efektuasi dan sebab-akibat dialami oleh responden sebagai keuntungan atau kerugian dalam menghadapi situasi dalam usaha mereka meskipun korelasi langsung dengan usaha itu sendiri tidak diketahui.